Jumat, 03 Juni 2016 09:26 WIB

Ahok Dapat Dua Pelajaran Berharga dari Ziarah ke TMP Kalibata

Editor : Yusuf Ibrahim

Laporan Evi Ariska


JAKARTA, Tigapilarnews.com- Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, memimpin ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (03/06/2016). Hal tersebut, merupakan rangkaian acara ulang tahun Jakarta ke-489. 


Upacara penghormatan bagi para pahlawan yang dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIB tersebut, juga dihadiri Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat, jajaran pejabat dan pegawai di Pemprov DKI.


Usai upacara, Ahok- sapaan Basuki Tjahaja Purnama- dan rombongan melakukan tabur bunga di makam para pahlawan. Kemudian seusai menabur bunga, mantan Bupati Belitung Timur tersebut langsung menuju ruangan untuk mengisi buku tamu.


Ahok pun terlihat mengunjungi dan menaburkan bunga ke beberapa makam pahlawan seperti mantan Walikota pertama Kota Praja Jayakarta, Suwirjo, Jenderal Ahmad Yani, Letnan Jenderal Suprapto, dan juga MT. Haryono, seraya diikuti Djarot Saiful Hidayat.


Ahok mengataka,n tidaknya para pahlawan perang saja yang ditaburi bunga, namun mantan gubernur juga akan ditaburi bunga. Tetapi karena jadwal yang padat, ziarah ke mantan gubernur diwakili Djarot Saiful Hidayat.


"Ada mantan gubernur, yang lain karena Jumat waktunya pendek, terus kita ke RPTRA. Jadi wakil yang teruskan ke mantan gubernur," ujar Ahok di TMP, Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (03/06/2016).


Dari ziarah ini, Ahok mengaku mendapatkan pelajaran yang menurutnya sangat penting untuk mengenang para pahlawan di Indonesia.


"Pelajaran kalo kita liat pertama kuburan di sini, berbagai suku dan agama disemayamkan. Artinya, negara ini didirikan dengan pengorbanan. Bukan hanya darah nyawa satu suku atau satu agama saja. Negara ini ditegakkan oleh berbagai suku agama yang ada di Indonesia. Pelajaran kedua, bahwa perjuangan kita tidak separah dan sesusah para pejuang pahlawan ini karna mereka mengorbankan nyawa. Pokoknya, siapapun yang mau  mengganggu mengganti ideologi Pancasila, kita lawan," pungkasnya.(exe/ist)


0 Komentar