Jumat, 03 Juni 2016 23:26 WIB

Kemenpora Kucurkan Rp71 Miliar untuk Jamnas Pramuka

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sangat apresiasi dan mendukung diselengarakannya Jambore Nasional (Jamnas) Gerakan Pramuka ke-XX, di Bumi Perkemahan Cibubur, 14-21 Agustus 2016 mendatang.

Rencananya, kesempatan tersebut akan dibuka Presiden RI, Joko Widodo. Asdep Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan, Sanusi bersama Sekjen Kwarnas Rafli Effendi melakukan penandatanganan naskah kerjasama sebagai bentuk dukungan fasilitasi pemerintah melalui Kemenpora untuk pelaksanaan Jambore Nasional di ruang sidang lantai 3 Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (03/06/2016) pagi.

Selain itu, disaksikan Kepala Biro Keuangan dan Rumah Tangga Bambang Trijoko dan Asdep Kewirausahaan Pemuda Ponijan.

"Dukungan ini ditujukan untuk kegiatan Jambore Nasional sesuai DIPA Kemenpora dukungan fasilitasi ini seluruhnya sebesar Rp71 miliar. Kami berharap, bantuan ini dapat memperlancar kegiatan Jamnas yang menghadirkan 26 ribu peserta dalam dan luar negeri. Sebagian dana itu, nantinya untuk renovasi fisik seperti mandi cuci kakus (MCK), air, listrik, poliklinik dan lain sebagainya," ucap Sanusi.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Pramuka Rafli Effendi, merasa bersyukur atas apa yang dilakukan Kwartir Nasional dan pemerintah melalui Kemenpora.

"Bantuan ini sudah siap digunakan. Hari ini tanda tangan besok sudah mulai kerja," ujarnya.

"Kami berharap, Jambore yang sangat diidamkan seluruh pramuka penggalang di seluruh Indonesia ini berjalan lancar. Rencananya, pertengahan bulan Juni, Presiden akan tinjau langsung kesiapan kita," ujarnya.

Selain itu, Wakil Ketua Bidang Usaha Aset Gerakan Pramuka, Fahmi Assegaf, menambahkan pada umumnya semua negara ASEAN akan hadir dan beberapa negara Eropa. Jambore ini adalah pesta pramuka penggalang setiap lima tahun dan sekarang sudah yang ke-10.

"Pesertanya adalah pramuka penggalang usia 10-12 tahun. Jamnas ini bertepatan dengan 55 tahun Hari Pramuka pada 14 Agustus 2016," ucapnya.

"Kwartir nasional nantinya akan memberikan penghargaan kepada pramuka teladan seperti penghargaan Lencana Melati oleh Presiden, Penghargaan Dharma Bhakti termasuk kepada kwartir daerah yang aktip memajukan pramuka di daerahnya baik Gubernur, Walikota dan Bupati," urai Fahmi.(exe)
0 Komentar