Sabtu, 04 Juni 2016 09:35 WIB

Jebolnya Tanggul Pantai Mutiara Akibat Erosi yang Gerus Konstruksi

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi, Tanggul di Perumahan Pantai Mutiara jebol, Jumat (3/6/2016) malam, disebabkan  erosi dasar tanggul.

"Kemungkinan disebabkan erosi dasar tanggul sehingga ketika menahan tekanan dari pasang laut menyebabkan konstruksi tanggul jebol," kata Kepala Pusat Data Infomrasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Sabtu (4/6/2016).

Dia menjelaskan, banjir di kawasan permukiman elite itu disebabkan oleh rob yang menjebol tanggul itu. Bukan hanya rob, namun hujan deras turut berkontribusi membikin banjir kawasan yang menjorok ke Teluk Jakarta itu.

"Banjir atau rob disebabkan tanggu Pantai Mutiara jebol. Hujan deras disertai pasang laut dan kondisi tanah di bawah jembatan telah tergerus air laut menyebabkan jebolnya tanggul di Pantai Mutiara," tuturnya.

BPBD DKI Jakarta bersama TNI, Polri, TRC BNPB, SAR, Damkar dan Relawan kemudian bekerja di lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi warga, menggunakan perahu karet. Tanggul jebol ditangani dengan pembikinan tanggul darurat. Semua unsur bahu-membahu menangani situasi.

Tanggul yang jebol sudah berhasil ditutup dengan karung pasir dari Dinas Tata Air dibantu oleh TNI dan Bina Marga. Perahu dari Dinas Tata Air, PU, TNI dan Damkar digunakan untuk mengangkut karung berisi pasir guna untuk menyumbat tanggul jebol. TRC BNPB bersama intansi terkait masih di lokasi untuk membantu penanganan. Pada Sabtu (4/6/2016) pukul 03.00 Wib tanggul darurat berhasil dibangun," tuturnya.

Kini banjir rob mulai surut. Kendaraan sudah bisa melalui sebagian jalan di Pantai Mutiara. Padahal sebelumnya, banjir setinggi 30 centimeter hingga 100 centimeter menggenangi kawasan.
0 Komentar