Sabtu, 04 Juni 2016 12:48 WIB

Banjir Akibat Tanggul Jebol di Pantai Mutiara Mulai Surut

Editor : Hermawan
JAKARTA, Tigapilarnews.com – Kawasan perumahan Pantai Mutiara, Penjaringan, Jakarta Utara, tadi malam diterjang banjir air laut akibat tanggul jebol. Banjir itu setinggi 30-50 sentimeter.

Tanggul yang jebol itu memisahkan antara kompleks Pantai Mutiara dengan pantai utara Jakarta (pantura).

Pantauan siang ini, Sabtu (4/6/2016), banjir air laut yang menggenangi ruas jalan di kompleks Pantai Mutiara di Blok T telah menyurut.

Sejumlah mobil sudah bisa berlalu lalang di kompleks Pantai Mutiara. Warga juga menyambut gembira atas surutnya banjir air laut tersebut.

Banjir menyurut setelah petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menerjunkan empat unit pompa air besar untuk menyedot air kembali ke laut.

Selain itu, tanggul sementara yang sudah dibangun sejak Jumat (3/6/2016) malam juga menyebabkan air laut tidak lagi masuk ke jalanan kompleks perumahan.

Namun, kawasan lain di kompleks tersebut seperti di Blok R,  genangan air masih terlihat dan berangsur-angsur surut. Genangan air sisa setinggi mata kaki.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Denny Wahyu menjelaskan saat tanggul Pantai Mutiara jebol, ketinggian air mencapai lebih dari satu meter.

Saat ini, petugas BPBD terus berupaya untuk membuat tanggul sementara sebelum pihak pengembang kembali membangun tanggul yang baru.

Selain menambal tanggul dengan kantung pasir, saat ini petugas juga berupaya melapisi tanggul dengan tanah.

"Tanggul siang ini harus segera diselesaikan, dan tanggul bisa bertahan sekitar satu minggu. Pihak pengembang yang bertanggung jawab untuk membangun tanggul baru," imbuh Denny. (ist)

 
0 Komentar