Sabtu, 04 Juni 2016 14:30 WIB

Dinas Sosial DKI Razia PMKS Jelang Ramadhan

Editor : Hermawan
Laporan: Evi Ariska

JAKARTA, Tigapilarnews.com – Dinas Sosial DKI Jakarta merazia penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMK).

Sebab, biasanya setiap menjelang bulan puasa gelandangan dan pengemis berbondong-bodong dari daerah datang ke ibukota untuk meminta-minta.

Untuk itu, pelayanan pengawasan dan pengendalian sosial (P3S) Dinas Sosial DKI Jakarta bersiaga menertibkan PMKS.

Petugas dinas sosial DKI akan disebar di 48 titik rawan PMKS di Jakarta.

"Bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari. Biasanya hal tersebut banyak dimanfaatkan PMKS untuk meminta-minta,” jelas Kadis Sosial DKI Jakarta, Masrokhan, saat dihubungi, Sabtu (4/6/2016) siang.

Sebanyak 413 satuan tugas (Satgas) P3S di 5 wilayah kotamadya serta dukungan instansi terkait dapat menekan keberadaan PMKS di jalanan. Sebab, PMKS pada bulan Ramadhan jumlahnya cenderung meningkat.

Pihaknya meminta agar penjangkauan PMKS jalanan di Provinsi DKI Jakarta terus ditingkatkan baik siang dan malam.

Selain itu, diharapkan agar masyarakat tidak bersedekah di jalan.

"Penjagaan di titik rawan memang akan membuat PMKS dapat menyebar ke titik lain seperti JPO (jembatan penyeberangan orang). Sehingga perlu dilakukan patroli dan penjangkauan secara konsisten," ujar Masrokhan.

Masrokhan mengatakan Satgas P3S akan dibagi dalam 2 shift, yaitu pukul 8 pagi hingga jam 3 siang, dan pukul 3 siang hingga jam 11 malam.

Masrokhan pun berharap dapat menangkap PMKS melalui peran serta warga lewat call center 112, aplikasi Qlue, Twitter@dinsosDKI1, Facebook, serta Instagram Dinas Sosial DKI Jakarta‎.

"Dapat kami sampaikan bahwa berdasarkan hasil mapping lokasi ada kurang lebih 48 titik rawan PMKS di Provinsi DKI Jakarta, dan saat ini telah kami jaga," pungkas Masrokhan.

 
0 Komentar