Selasa, 07 Juni 2016 11:07 WIB

Hillary Clinton Bakal Jadi Capres Wanita Pertama Amerika Serikat

Editor : RB Siregar
LOS ANGELES, Tigapilarnews.com - Hillary Clinton bakal menjadi kandidat Presiden Partai Demokrat. Istri mantan Presiden Bill Clinton itu, telah mencapai jumlah delegasi yang diperlukan.

Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat itu, dilaporkan sudah mencapai 2.383 delegasi yang diperlukan.

Sebelumnya, Hillary juga sudah memenangkan 1.812 suara delegasi dari pemilihan pendahuluan dan kaukus.

Kubu Hillary juga mengklaim sudah mendapat dukungan dari 571 superdelegasi. Pencapaian itu ia dapatkan setelah menang meyakinkan di Puerto Rico dan mendapatkan dukungan superdelegasi.

Bahkan, masih ada enam negara bagian menggelar pemilihan pendahuluan untuk menentukan calon presiden dari Partai Demokrat.

Jika klaim itu benar, Hillary bakal menjadi calon presiden wanita pertama dalam sejarah Amerika. Jika terpilih melawan Donald Trump dari Partai Republik, dia akan membuat sejarah presiden wanita pertama AS.

Walau sudah mendapat jumlah delegasi yang dibutuhkan, pesaing Hillary, Bernie Sanders, bertekad terus bertempur.

"Salah tidak mempertimbangkan suara superdelegasi sebelum Konvensi Nasional Demokrat Juli mendatang," kata Bernie Sanders.

Menurut Bernie Sanders, tugas dimulai dari sekarang hingga Konvensi Nasional Demokrat selesai digelar.
"Superdelegasi harus diyakinkan bahwa Bernie calon terkuat melawan Donald Trump," kata satu tim sukses Bernie seperti dikutip Reuters.

Superdelegasi yang sangat berpengaruh menentukan kelangsungan satu calon itu, masing-masing pemimpin partai, senator, anggota Kongres, serta gubernur negara bagian.(i)
0 Komentar