Rabu, 08 Juni 2016 03:09 WIB

Casillas Katakan Bersaing Sehat dengan De Gea

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Persaingan posisi kiper nomor satu di timnas Spanyol kian mengemuka.

Iker Casillas dan David De Gea dalam suasana kompetisi untuk menjadi pilihan pertama Pelatih Vicente Del Bosque di Piala Eropa 2016, 10 Juni-10 Juli nanti.

Kiper Porto, Iker Casillas, tak tergantikan dan menjadi kiper utama timnas Matador sejak tahun 2002. Namun saat ini, De Gea dianggap favorit untuk memulai petualangannya bersama timnasĀ  setelah menjani musim yang solid di Manchester United.

Casillas pun mengakui David de Gea punya prospek bagus di timnas, dan menjadi calon kuat pengganti dirinya untuk berdiri di bawah gawang Spanyol di Piala Eropa 2016. Namun, dia mengaku tak tahu apakah De Gea akan menjadi starter di Prancis.

"De Gea punya masa depan, dia pesaing kuat," kata Casillas kepada Radio Cadena Cope.

"Sudah jelas bahwa kami semua yang ada di sini, berpikir bahwa kami bisa tampil. Kami, 23 pemain, menjadi starter untuk klub masing-masing dan kami semua percaya bahwa semua bisa membantu pelatih timnas. Tapi, yang memutuskan siapa yang bermain sebagai starter di timnas adalah tugas pelatih."

Pelatih Del Bosque belum bisa memutuskan siapa yanga kan menjadi kiper utama La Furia Roja di Prancis. Apalagi, penampilan De Gea sangat bagus di United. Sejauh ini De Gea, 25 tahun, membuat debut seniornya di timnas pada bulan Juni 2014 di pertandingan persahabatan internasional dan di masuk dalam skuat Piala Dunia 2014, namun tidak mendapat kesempatan tampil.

De Gea membuat delapan penampilan untuk Spanyol, tapi hanya tiga kali sebagai starter di Kualifikasi Piala Eropa 2016. Sedangkan Casillas menjadi pilihan nomor satu dalam dua tahun terakhir. De Gea nyaris menjadi pengganti Casillas di Real Madrid pada musim panas lalu ketika Casillas hengkang ke Porto. Namun, kesepakatan Madrid dan United batal di detik akhir batas waktu penutupan transfer.

Kini, ada banyak perhatian pada Casillas dan De Gea di media Spanyol. "Saya paham, ada 40 kamera terfokus pada apa yang saya lakukan, setiap gerakan yang saya lakukan terhadap De Gea, akan ditafsirkan lain dan menjadi santapan acara TV," kata Casillas.

Meski demikian, Casillas mengatakan bahwa ada persaingan yang sehat dalam tim. "Apa yang saya sangat suka adalah bahwa, selain saya sudah berusia 35, saya masih memiliki rasa lapar gelar yang sama, antusiasme, dan saya akan terus bersaing," katanya.

"Sekarang saya bersaing dengan De Gea dan dengan (kiper Sevilla) Sergio Rico dan itu akan menjadi baik."(exe/ist)
0 Komentar