Rabu, 08 Juni 2016 05:40 WIB

Jumlah Rasionalisasi PNS Harus Lebih Banyak

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Yuddy Chrisnandi, mengatakan simulasi pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam setahun diperkirakan mencapai 120 ribu dari tahun lalu.

Berarti, ada 500 ribu PNS yang pensiun hingga tahun 2019. Hal ini, kata Yuddy lagi, untuk mengidealkan perbandingan antara jumlah PNS dengan jumlah penduduk yang penghitungannya 1,50%: jumlah penduduk di Indonesia.

"Kalau kementerian PAN mensimulasikan, dengan 120 ribu pensiun setiap tahun, dari tahun lalu, berarti sampai 2019 yang pensiun ada 500 ribu orang," kata Yuddy di Kementerian Keuangan, Selasa (07/06/2016).

Jika terealisasi dengan baik, berarti sisa PNS tinggal 4,5 juta di Indonesia. Kemudian, memangkas satu juta PNS lagi sehingga jumlah PNS Indonesia menjadi ideal. "Iya, idealnya 3,5 juta," kata dia.

Dalam periode rasionalisasi tersebut, tidak akan ada SDM baru. Artinya, jumlah rasionalisasi harus lebih banyak dibandingkan pemenuhan kebutuhan PNS.

Kemudian akan melakukan rasionalisasi satu juta PNS lagi hingga tersisa tiga juta PNS. Lantas kursi 500 ribu yang kosong akan diisi oleh SDM aparatur negara yang baru melalui proses seleksi yang berdimensi masa depan untuk mengatasi persaingan.

“Jadi, tetap akan ada rekrutmen,” pungkasnya.(exe/ist)
0 Komentar