Kamis, 09 Juni 2016 15:08 WIB

Polisi Didesak Bongkar Praktik Kotor Kartel Daging

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Wakil Ketua MPR Oesman Sapta mendesak aparat kepolisian menindak tegas para kartel pemain daging sapi.

Oesman menyebutkan, ada lima kartel yang diduga memainkan harga daging, salah satunya PT Berdikari. Akibat kecurangan tersebut harga daging mencapai Rp 130-Rp 150 ribu per kilogram.

Padahal, lanjut dia, di Malaysia hanya Rp 60 ribu, dan Singapura Rp 65 ribu. Sehingga benar jika Presiden Jokowi mematok harga Rp 80 ribu per kilogram.

“Presiden Jokowi sudah benar dengan mematok harga daging Rp 80 ribu per kilogram, karena Jokowi sudah berkoordinasi dengan menteri-menterinya. Hanya saja ada menteri memberikan masukan yang salah, dan impor daging disebut atas saran Presiden Jokowi. Padahal, daging itu bisa Rp 70 ribu per kilogram,” tegas Oesman di Gedung DPR, Kamis (9/6/2016).

“Jadi, permainan kartel yang sudah puluhahan tahun ini harus dibongkar dan Presiden Jokowi cerdas dengan mematok harga Rp 80 ribu per kilogram tersebut. Hanya saja rencana impor itu dihambat oleh jaringan kartel yang sudah menggurita sedunia itu. Misalnya LC (letter of credit) ke bank tidak dikeluarkan, dan dagingnya di Australia sudah dibox oleh kartel itu,” cetus senator Asal KalBar ini.

Untuk itu, kata dia, baik Polri harus dapat membongkar dan menghentikan tindakan kejam dan biadab para kartel tersebut. Hal itu mengingat tindakan kartel sudah menyengsarakan rakyat.

“Jadi, ini harus dibongkar, meski ada salah satu pemilik media yang ikut bermain dalam kartel daging sapi ini,” pungkas dia.
0 Komentar