Jumat, 10 Juni 2016 08:21 WIB

16.000 Barang Milik Korban Nazi Ditemukan di Polandia

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Lebih dari 16.000 barang-barang pribadi milik korban Holocaust ditemukan di dalam kardus di Polandia Academy of Sciences.

Temuan ini terjadi setelah para peneliti melakukan pencarian selama berbulan-bulan. Para peneliti awalnya telah memeriksa lebih dari 400 item barang milik para korban Holocaust.

Namun, para peneliti meyakini jika jumlah item yang seharusnya diteliti lebih banyak lagi. Mereka pun kemudian melakukan pencarian dan akhirnya mengarah ke sebuah bangunan di Polandia Academy.

"Saya telah mengamati sejumlah temuan besar beragam koleksi dalam setengah abad ini, meski tidak seperti menemukan harta karun yang hilang milik Galleon. Saya hanya tidak bisa membayangkan mengapa benda-benda yang hilang saat penggalian ini tersimpan dalam kardus-kardus ini," kata Direktur Musem Museum Negara Auschwitz-Birkenau, Piotr M.A. Cywinski.

Barang-barang tersebut sebelumnya dimiliki oleh korban kamp konsentrasi Nazi, Auschwitz-Birkenau, di Polandia. Barang-barang itu kemudian ditemukan setelah dilakukan penggalian di dekat salah satu kamar gas kamp pengungsi dan krematorium pada tahun 1967 seperti dikutip Time dari NBC, Kamis (09/06/2016).

Dalam siaran persnya, Museum Negara Auschwitz-Birkenau menyebutkan sejumlah item yang ditemukan seperti termometer, perhiasan, pipa tembakau. Mereka menyebutnya sebagai "saksi pribadi dari para korban."

Barang-barang tersebut adalah barang sering diletakkan di dekat kamar gas yang menyebabkan orang-orang Yahudi tewas. Item-item itu rencananya akan diangkut ke museum Auschwitz-Birkenau pada tanggal 13 Juni, dan akan didokumentasikan.(exe/ist)
0 Komentar