Sabtu, 11 Juni 2016 07:28 WIB

Perancis Sukses Lewati Masa Menegangkan

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Didier Deschamps menyambut sukses Perancis mengalahkan Rumania 2-1 pada laga pembuka Piala Eropa 2016.

Pelatih berusia 47 tahun itu gembira karena Les Bleus bisa mematahkan kutukan. Deschamps senang karena telah melewati masa menegangkan. Pasalnya, selama melihat pasukannya meladeni Rumania di Stade de France, Saint-Denis, Sabtu (11/06/2016), dia tidak pernah merasa tenang.

“Hanya melihat di sisi lapangan ternyata menjadi sesuatu yang sangat sulit. Rumania bukan tim yang mudah dikalahkan. Mereka bertahan dengan baik. Kami juga kebobolan. Tapi, kami akhirnya mendapat yang diinginkan,” ucap Deschamps, dilansir lequipe.

Deschamps pantas merasa tegang sepanjang pertandingan lantaran Perancis sulit unggul. Babak pertama berakhir 0-0. Sekalipun unggul 1-0 lewat Olivier Giroud di menit ke-57, Rumania bisa membalasnya lewat penalti Bogdan Stancu sekitar delapan menit kemudian.

Situasinya makin menyesakan karena hingga jelang bubaran kedudukan tetap sama. Ini membuat laga sempat diyakini berakhir imbang. Namun, Prancis punya Dimitri Payet yang mencetak gol kemenangan di menit ke-89. Saat itulah Deschamps mengaku bisa bernapas lega.

“Kami kesulitan menyerang. Untungnya kami bisa menang. Saya berusaha meningkatkan peluang Prancis dengan menurunkan empat pemain berkarakter menyerang saat pertengahan laga. Partai pertama tidak pernah mudah. Ini hasil yang bagus bagi kami,” tambah Deschamps.

Hasil ini mematahkan rekor buruk Perancis saat melakoni partai pertama Piala Eropa yang terjadi pada dua edisi terakhir. Saat Piala Eropa 2008, Prancis memulai Grup C dengan hasil mengecewakan. Mereka ditahan Rumania  0-0. Pada akhirnya, Perancis jadi juru kunci.

Ketika Piala Eropa 2012, Perancis ditahan Inggris 1-1 pada laga pembuka Grup D. Walau akhirnya bisa bertahan, Perancis terhenti di perempat final akibat kalah 0-2 dari Spanyol. Yang jelas, ini jadi modal bagus Prancis untuk melakoni laga kedua kontra Swiss, 16 Juni 2016.(exe/ist)
0 Komentar