Senin, 13 Juni 2016 19:00 WIB

2017, Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta Dibangun

Editor : Rajaman
Laporan Hendrik Simorangkir

TANGERANG, Tigapilarnews.com – PT Angkasa Pura II, akan membangun landasan pacu ke 3 (Runway 3) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Saat ini, PT Angkas Pura II tengah melakukan pembebasan lahan dan proses pengadaan lahan, yang akan diperkirakan selesai pada akhir tahun 2016.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi mengatakan, Runway 3 saat ini sudah sangat dibutuhkan. Mengingat pergerakan pesawat baik yang lepas landas maupun mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, kini sudah sangat padat.

"Kita harus jujur, bahwasanya di Sokearno-Hatta saat ini sangat padat dan mengakibatkan antrian pesawat yang ingin lepas landas maupun mendarat. Kalau kita menilik apa yang harus dibangun terlebih dahulu, ya harus Airside Runway terlebih dahulu. Sebab itu menjadi prioritas kita, karena setiap penerbangan lepas landas atau mendarat harus ada Airside Runway-nya," ujar Budi Karya kepada wartawan di terminal 3 ultimate Soekarno-Hatta (13/6/2016).

Ia menuturkan, saat ini pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta sekitar 72 pergerakan pesawat per jam dan harus ditingkatkan menjadi 100 pergerakan pesawat per jam agar tidak ada antrian.

"Demi mencegahnya antrian di tiap terminal di Soekarno-Hatta, kita harus memperbaiki dua landasan yang ada terlebih dahulu. Hal itu ditujukan untuk mencapai 100 pergerakan pesawat per jamnya. Sementara, agar pesawat berbadan besar bisa mendarat disini, diperlukan perbaikan-perbaikan landasan yang dilengkapi East Cross dan harus membangun runway 3, yang sedang kami usahakan pembebasan tanahnya," jelas Budi.

Rencananya, tambah Budi, pembangunan runway 3 akan dimulai pada awal 2017 dan selesai pada awal 2018. "Pembangunan runway 3 mungkin awal 2017 dan Insyaallah akan selesai di awal 2018. Pembangunan runway 3, membutuhkan sekiranya kurang lebih 200 hektare, dengan panjang 3.000 meter dan lebar 60 meter," pungkasnya.
0 Komentar