Selasa, 14 Juni 2016 23:41 WIB

Dubes UE untuk Turki Mengundurkan Diri

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Dubes Uni Eropa (UE) untuk Ankara, Hansjoerg Haber, memutuskan untuk mengundurkan diri setelah bersitegang dengan Turki atas komentar kontroversialnya terkait kesepakatan pengungsi.

"Kami mengkonfirmasi, bahwa Duta Besar telah mengundurkan diri," kata juru bicara kantor Kedubes UE untuk Turki, seperti dikutip dari laman Al Arabiya, Selasa (14/06/2016).

Haber mengundurkan diri setelah ia dikritik atas komentarnya terkait perilaku pemerintah Turki atas pelaksanaan kesepakatan bersejarah terkait pengungsi. Haber mengkritik perilaku Turki mengurangi jumlah pengungsi menyebrangi Laut Aegea ke wilayah Uni Eropa.

"Kami telah mengatakan 'Mulai seperti Turki dan berakhir seperti Jerman. Tapi di sini adalah sebaliknya," kata Haber kala itu. Menurut Kementerian Luar Negeri, komentar Haber menyebabkan kemarahan Turki dan mengutuknya.

Kepergian Haber merupakan indikasi semakin merenggangnya hubungan antara Ankara dan Brussels, meski kedua belah pihak mencoba dan melaksanakan perjanjian penting untuk mengurangi aliran migran ke UE.(exe/ist)
0 Komentar