Jumat, 17 Juni 2016 17:16 WIB

Menpan: Importir Daging Sapi Diminta Tekan Harga Pasar

Editor : Hermawan
Laporan: Muchammad Syahputra

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Menteri Pertanian Amran Andi Sulaiman berkunjung ke PT Indoguna Utama, di Pondok Bambu, Jakarta Timur, Jumat (17/6/2016) siang.

Kunjungan Amran ini meninjau harga daging impor milik CV Surya Cemerlang Abadi. Amran meminta kepastian kepada CV Surya Cemerlang Abadi menyediakan stok daging sapi untuk dijual di masyarakat.

PT Indoguna Utama adalah perusahaan pendistribusian daging sapi impor. Sedangkan, CV Surya Cemerlang Abadi adalah anak perusahan PT Indoguna Utama.

Daging sapi yang dilempar ke pasar ini bertujuan menekan harga daging sapi agar terjangkau masyarakat hingga mencapai harga Rp 80 ribu per kilogram.

"Dalam rangka menstabilkan harga daging, pihak CV Surya Cemerlang juga sudah memberikan 1.000 ton dalam waktu dua minggu ke depan. Itu setara dengan 5.700 hingga 6.000 ekor sapi," jelas Amran, Jumat (17/6/2016) siang.

Amran menjelaskan ada 10 perusahaan swasta yang nantinya akan memberikan 8.100 ton daging sapi untuk enekan harga daging yang sekarang ini sangat mahal dijual di pasaran. Langkah ini guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan daging sapi.

"Ada 10 perusahaan yang ikut partisipasi dengan jumlah 8.100 ton atau setara dengan 47 ribu ekor sapi. Hal ini sesuai dengan instruksi bapak Presiden (Joko Widodo) agar harga daging sapi bisa turun hingga di bawah Rp 80 ribu," ujar Amran.

"Kami dengar sudah ada penurunan Rp 5-10 ribu per kilo. Insya Allah nanti akan turun lagi dan ini tidak hanya sampai sebelum Ramadhan, tapi akan dlanjutkan hingga usai Ramadhan. Ini program jangka panjang," pungkas Amran.
0 Komentar