Sabtu, 18 Juni 2016 05:43 WIB

Eder Citadin Bawa Italia Lolos dari Penyisihan Grup

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Italia meraih kemenangan kedua di babak penyisihan grup E Piala Eropa.

Gli Azzurri memetik hasil positif saat bertarung dengan Swedia di Stadium Municipal, Jumat (17/06/2016) malam WIB. Pada babak pertama, tak banyak peluang yang tercipta.

Saking minimnya, kiper dari masing-masing tim tak perlu bekerja keras untuk menyelamatkan gawangnya. Andrea Isaksson nampak tidak terganggu dengan serangan pemain-pemain Italia.

Di sisi lain, Gianluigi Buffon sempat jatuh bangun. Namun tidak ada ancaman serius yang mengarah kepadanya. Di babak pertama Swedia terlihat mendominasi permainan. Dalam catatan statistik, mereka unggul penguasaan bola 59 persen berbanding 41 persen.

Sekembalinya dari masa istirahat, laga tetap dikuasai oleh Swedia. Italia lebih banyak menunggu kesempatan untuk melakukan seragan balasan. Namun serangan yang mereka susun tak juga mengancam gawang Swedia.

Karena merasa buntu, Antonio Conte melakukan perubahan di menit 60. Pelatih Italia itu menarik keluar Graziano Pelle dan menggantinya dengan Simone Zaza. Conte tentu berharap masuknya Zaza bisa menambah daya gedor di lini serang Gli Azzurri.

Tapi peluang emas tak juga muncul. Justru Swedia yang nyaris unggul di menit 72. Umpan silang dari sisi kiri dapat disambar Ibrahimovic. Namun sayang, sang pemain sudah lebih dulu terperangkap dalam posisi offside.

Peluang terbaik Italia terjadi pada menit 82. Berawal dari umpan lambung Emanuele Giaccherini, bola kemudian disundul oleh Marco Parolo. Tapi aksi gelandang Italia tersebut tidak berbuah gol sebab si kulit bundar mengenai mistar gawang.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya terjadi pada menit 88. Kemenangan Italia dipersembahkan Eder Citadin Martins. Seorang diri ia mengelabuhi beberapa pemain Swedia dan bola yang disepaknya bersarang di pojok kiri gawang.

Dengan hasil ini, Italia dipastikan lolos dari babak penyisihan grup. Skuat asuhan Conte sukses meraih dua kemenangan beruntun. Sementara Swedia belum aman sebab mereka baru memiliki satu poin.(exe/ist)

Susunan pemain:
Italia:
Buffon; Chiellini, Barzagli, Bonucci; Candreva, Giaccherini, De Rossi (Motta 74'), Parolo, Florenzi (Sturaro 85'); Eder, Pelle (Zaza 60')

Swedia:
Isaksson; Olsson, Granqvist, Lindelof, E. Johansson; Forsberg (Durmaz 79'), Kallstrom, Ekdal (Lewicki 79'), S. Larsson; Ibrahimovic, Guidetti (Berg 85')
0 Komentar