Senin, 20 Juni 2016 13:24 WIB

Lebih Cepat Bangun BRT daripada MRT dan LRT

Editor : Hermawan
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pemprov DKI Jakarta terus berusaha memberikan pelayanan transportasi massal yang lebih baik untuk warga ibukota.

Sistem Bus Rapid Transit (BRT) dinilai lebih cepat dikembangkan daripada Mass Rapid Transit (MRT), dan Light Rail Transit (LRT).

"Aduh jauh banget dari idaman transportasi di Jakarta. Aku enggak tau. Pokoknya parah deh, Jakarta paling parah. BRT pasti lebih cepat dikembangkan. Makanya, sekarang BRT kami kembangkan dulu," tandas Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Balaikota DKI Jakarta, Senin (20/6/2016) siang.

Suami Veronica Tan ini menjelaskan semula terjebak dengan kajian mengenai layanan koridor untuk bus Transjakarta. Namun, saat ini pihaknya telah merubah sistemnya menjadi layanan rute.

"Dulu kami fokus di 15 koridor, saya bilang salah. Jadi harusnya fokus ke rute," jelas Ahok.

Untuk bisa mengetahui pola perjalanan penumpang, rencananya akan diterapkan sistem tap in dan tap out. Saat ini baru diterapkan sistem tap in saja.

"Kami fokus itu tujuan anda sebetulnya. Jadi saya sudah tugaskan Transjakarta, anda bukan fokus melayani koridor lagi. Anda fokus mengetahui orang mau ke mana, ya itu lah yang harus kamu layani," ujar Ahok.

Pemprov DKI Jakarta akan terus memperbanyak bus Transjakarta untuk meningkatkan pelayanan.

Bus yang dibeli merupakan karoseri lokal, yang juga bertujuan untuk mengembangkan produksi dalam negeri.

"Beli bus juga butuh waktu. Karena kami putuskan semua adalah produk lokal. Walaupun merek luar negeri, tapi karoseri lokal," imbuh Ahok. (ist)

 
0 Komentar