Rabu, 22 Juni 2016 16:48 WIB

Blangko Menipis, Pelayanan Cetak e-KTP Terganggu

Editor : Hermawan
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta, Edison Sianturi menjelaskan stok blangko e-KTP di Jakarta menipis.

Hal ini menganggu pelayanan percetakan e-KTP di Jakarta. Sebab, persediaan blanko e-KTP dari Kemendagri semakin menipis.

"Persediaan blanko dari Kemendagri diketahui memang sudah habis. Beberapa daerah saat ini terancam tidak bisa melakukan percetakan e-KTP. Blangko kami di DKI juga sudah sangat menipis," jelas Edison, Rabu (22/6/2016) siang.

Edison menjelaskan apabila tidak ada persediaan blanko, maka pelayanan percetakan e-KTP akan terganggu. Padahal, e-KTP sangat dibutuhkan warga untuk mengurus dokumen-dokumen lainnya.

"Daerah tidak bisa mencetak blanko karena itu kewenangan pemerintah pusat. Dari informasi mereka baru proses lelang pengadaan blangko," ucap Edison.

Edison mengharap pengadaan blanko e-KTP bisa dilimpahkan ke pemerintah daerah sesuai dengan spesifikasi yang dikeluarkan pemerintah pusat.

Pemprov DKI Jakarta sendiri sampai kini masih terus berkoordinasi dengan Kemendagri terkait persoalan blanko.

"DKI sendiri sudah melakukan sejumlah upaya seperti membeli mesin pencetakan sendiri. Kenapa blankonya tidak dilimpahkan ke daerah saja," imbuh Edison.(ist)

 
0 Komentar