Jumat, 24 Juni 2016 16:29 WIB

Gandeng BNN, Kepala Terminal Poris Plawad Tes Urine Awak Bus

Editor : Danang Fajar
Laporan : Hendrik Simorangkir

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berbenah dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2016 ini. Bukan hanya mengecek laik tidaknya armada bus dalam membawa penumpang, tetapi kondisi kesehatan awak bus, khususnya sopir bus AKAP juga tidak luput dari pemeriksaan.

Memastikan kondisi sopir bus pembawa pemudik benar-benar dalam kondisi fit, pihak Terminal Poris Plawad berencana kembali memeriksa urine para sopir bus.

Kepala Terminal Poris Plawad, Endang Romzah mengatakan, sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan urine oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Tangerang. Kini pemeriksaaan juga akan melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN).

"Kita akan libatkan BNN untuk pemeriksaan urine, khususnya kepada sopir bus yang membawa pemudik," ujar Endang, Jumat (24/6/2016) sore.

Endang menambahkan, pihaknya tidak mau ambil resiko dengan membiarkan para sopir yang terbukti tidak memenuhi standar keselamatan untuk membawa pemudik.

"Kalau dari tes urinenya terbukti positif (narkoba), tentu tidak akan kita biarkan sopir yang bersangkutan mengoperasikan bus," katanya.

Selain itu, lanjut Endang, selama tiga hari berturut-turut, telah dilakukan pengecekan administrasi (run check) terhadap kendaraan bus. Hasilnya, ditemukan beberapa armada bus yang memang belum melengkapi kelayakan administrasi jalan.

"Kita minta mereka untuk melengkapi kekurangannya paling lambat H-7 Lebaran," jelasnya.

Kekurangan-kekurangan yang dimaksud oleh Endang misalnya, tidak adanya buku KIR, STNK maupun surat KPS trayek. Meski secara administrasi masih ditemukan adanya kekurangan, namun untuk kondisi armada pengangkut, Endang mengatakan secara umum sudah bagus.

"Kalau misalnya ada yang tidak laik jalan tentu kita cancel (batalkan) keberangkatannya, hari itu juga harus diganti kendaraannya dengan kendaraan cadangan," tutup Endang.
0 Komentar