Jumat, 24 Juni 2016 19:20 WIB

Ahok: Swakelola Sampah Lebih Baik Dibanding Dikelola Swasta

Editor : Hermawan
Laporan: Evi Ariska

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Dinas Kebersihan DKI Jakarta berencana melakukan swakelola Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, mendapat dukungan penuh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Ahok mengatakan TPST lebih baik dilakukan swakelola dibanding dilakukan oleh pihak swasta. Sebab, ketika TPST dikelola oleh swasta, Ahok menilai banyak sekali permasalahan yang timbul sehingga hanya membuat Jakarta semakin memburuk dalam penanganan sampah.

"Sekarang di DKI kita lihat saja, setelah sampah kami ambil alih dari swasta, dari sungai dari jalan semua, truk-truk dulu waktu ngambil alih diancam enggak? Wah diancam. Satu Jakarta berantakan semua, orang marah-marah sampahnya enggak diangkut, truknya enggak bisa masuk Bantar Gebang. Sekarang bukti sungai di Jakarta lebih bersih, kami swakelola atau ketika dipegang swasta? Swakelola," ujar Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (24/6/2016) petang.

Selain sungai lebih bersih, Ahok menjelaskan keuntungan secara personal pun diperoleh bagi pekerja di TPST Bantar Gebang seperti standar gaji Jakarta.

Selain itu, APBD DKI dipastikan langsung masuk kas Bekasi sehingga tidak ada pembagian keuntungan dengan ormas atau tokoh masyarakat tertentu.

Dijelaskan Ahok, Pemprov DKI akan memberikan BPJS Kesehatan kepada pemulung setempat yang dianggapnya telah banyak membantu mengurangi volume sampah di Bantar Gebang.

"Mana lebih menguntungkan? Nah, Anda mau resmi enggak? Kalo Anda menentang ini berarti ada sesuatu. Karena pemulung di sana pun menolong kami. Ada sebanyak 6000-8000 pemulung itu menolong kami lho. Mengurangi jumlah volume sampah," pungkas Ahok.

 
0 Komentar