Sabtu, 25 Juni 2016 07:13 WIB

Tomas Berdych Ragu Tampil di OIimpiade 2016

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Ancaman virus Zika lagi-lagi menghantui atlet ternama.


Kali ini petenis peringkat sembilan dunia, Tomas Berdych, yang mengaku belum bisa memutuskan apakah tetap berangkat ke Olimpiade Rio de Janeiro 2016 atau tidak.

Berdych yang bersiap tampil di Wimbledon 2016, mengatakan kepada Reuters, Kamis (23/06/2016) dirinya masih bingung soal keikutsertaannya di Olimpiade tahun ini. Penyebabnya tak lain karena virus Zika yang tengah mewabah di Brasil.

"Olimpiade tetap berada dalam agenda dan rencana saya. Tapi Zika juga sedang berada dalam pikiran saya. Saya meski melihatnya serta memikirkannya lagi," ungkapnya.

"Saya perlu melihat bagaimana masalah ini berakhir dan membuat keputusan terbaik untuk diri sendiri (dalam waktu dekat ini)," katanya

Virus Zika sedang mengancam gelaran Olimpiade 2016. Menurut WHO, wabah yang disebabkan gigitan nyamuk itu bisa menyebabkan cacat pada bayi jika menjangkiti ibu hamil. Sedangkan yang tidak hamil, bisa mengalami kelumpuhan sementara.

Di Brasil, ada sebanyak 1400 kasus bayi cacat akibat virus Zika. Untuk itu, WHO sempat menyarankan agar lokasi atau waktu pelaksanaan Olimpiade diundur.

Selain Berdych, banyak atlet lain yang juga khawatir ikut Olimpiade kali ini. Mantan pegolf nomor satu dunia, Rory McIlroy, dan pesepeda Tejay van Garderen adalah segelintir atlet yang siap melepas medali di Olimpiade demi keselamatannya.

Sementara petenis nomor satu dunia Novak Djokovic menyatakan tetap berangkat ke Brasil 5-21 Agustus mendatang meski bahaya mengancamnya. "Saya tetap punya rencana pergi ke Olimpiade. Saya akan bertahan dengan pemikiran tersebut," ucapnya beberapa waktu lalu.(exe/ist)

0 Komentar