Rabu, 29 Juni 2016 08:45 WIB

Del Bosque Sudah Rekomendasikan Penggantinya ke RFEF

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Vicente Del Bosque tak lama lagi bakal mengumumkan dirinya segera meletakkan jabatannya sebagai pelatih Timnas Spanyol.

Itu usai mereka disingkirkan Italia 0-2 pada babak 16 besar Piala Eropa 2016. Entrenador asal Iberia itu bahkan telah merekomendasikan seorang pelatih sebagai suksesornya.

Ya, karier panjang Vicente Del Bosque sebagai pelatih Timnas Spanyol akhirnya berujung. Usai mengambil alih skuad juara Piala Eropa 2008 dari tangan mendiang Luis Aragones. Del Bosque meneruskan kisah sukses seniornya dengan gelar Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Seperti dilaporkan oleh surat kabar ternama asal Madrid, Diario AS, tak lama lagi Del Bosque (65 tahun) akan segera mengirim dan mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pelatih Timnas Spanyol. Kandidat terkuat untuk menggantikannya ialah Joaquin Caparros.

Perlu diketahui, indikasi dari Caparros sebagai kandidat terkuat suksesor Del Bosque, karena Caparros sejatinya telah menolak sejumlah tawaran kerja sebagai pelatih dalam beberapa bulan belakangan.

Setelah menolak Real Betis, dia kemudian menolak Sevilla, yang baru saja meresmikan Jorge Sampaoli sebagai pelatih barunya. Dan teraktual beberapa hari lalu, dia mereject proposal penawaran dari Alaves.

Menurut AS, sejumlah penolakan yang dilakukan oleh Caparros adalah demi cita-citanya untuk menjadi pelatih Timnas Spanyol. Indikasi kedua yang membuat namanya jadi kandidat terkuat adalah karena Del Bosque sendiri yang telah merekomendasikan namanya ke Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF).

Tak sampai di situ saja, ternyata presiden RFEF sekaligus presiden interim UEFA, Angel Maria Villa, juga ikut mendukung Caparros sebagai pelatih anyar Timnas Spanyol.

Akan tetapi, Villar tidak akan mengumumkan pelatih baru ini sebelum 20 Juli mendatang. Pasalnya pada tanggal tersebut Villar akan memutuskan apakah dirinya bakal mengikuti pemilihan presiden UEFA atau tidak.

Jika Villar ikut serta dalam pemilihan tersebut, maka nama Caparros akan segera diumumkan sebagai pelatih baru Timnas Spanyol. Namun kalau tidak, dan jika pemilihan presiden RFED ditunda hingga November mendatang. Maka Villar masih akan mempekerjakan Del Bosque untuk setidaknya empat laga awal babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

Baru setelah itu, Del Bosque akan memberikan tongkat estafet kepada Caparros. Kabar terbaru yang mencuat, Del Bosque tidak hanya akan berhenti sebagai pelatih Timnas Spanyol saja.

Melainkan, dia juga bakal pensiun total dari sepak bola. Walau, memang hingga saat ini masih belum ada tawaran kepadanya untuk jadi manajer sekaligus pelatih dari klub-klub peserta Liga Inggris, Bundesliga dan Perancis.(exe/ist)
0 Komentar