Rabu, 29 Juni 2016 14:19 WIB

Uji Kelaikan Bus Dilakukan untuk Berikan Rasa Aman Pemudik

Editor : Danang Fajar
Laporan: Muchammad Syahputra

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Petugas Dinas Perhubungan melakukan uji kelaikan terhadap bus yang mengantar pemudik ke kampung halamannya di Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (29/6/2016) siang.

Dalam uji kelaikan yang dilakukan, petugas melakukan pengecekan seperti pintu darurat bus, spidometer, serta rem kendaraan. Secara detail dan teliti para petugas melakukan pengecekan guna memberikan rasa aman terhadap para penumpang.

Setelah pengecekan selesai, petugas memberikan cat bewarna putih sebagai tanda bus tersebut sudah layak dalam mengantar penumpang. Pengecekan tersebut dilakukan guna meningkatkan pelayanan serta keselamatan penumpang, di arus mudik jelang lebaran tahun ini.

Petugas Uji Kelayakan Mesin Dinas Perhubungan Sukron mengatakan, para supir bus mengaku sangat terbantu dengan adanya uji kelaikan kendaraan seperti ini.

"Ya mereka sangat terbantu dengan adanya uji kelaikan kendaraan seperti ini, apabila ada yang rusak mereka bisa langsung bilang ke pihak Perusahaan Otobus (PO) untuk dilakukan perbaikan," ujarnya kepada wartawan, di Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (28/6/2016) siang.

Dirinya mengungkapkan, uji kelaiakan kendaraan ini akan terus dilakukan hingga hari ke 10 setelah lebaran. Pengecekan terhadap bus-bus yang ada di Terminal Kampung Rambutan sudah dilakukan sejak hari Senin yang lalu.

Tercatat ada 25 kendaraan yang tidak layak jalan, dan nantinya akan di berikan surat rekomendasi kepada pihak terminal bersangkutan untuk dilakukan penindakan lebih lanjut. Karena apabila bus tidak layak tersebut tetap dipaksakan jalan, itu dapat membahayakan penumpang yang akan menjalani lebaran di kampung halaman masing-masing.

Selain uji kelaikan kendaraan pihak Terminal Kampung Rambutan yang bekerjasama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Dinas Kesehatan juga melakukan tes kesehatan, untuk menguji layak atau tidaknya sang sopir mengantar penumpang.
0 Komentar