Jumat, 01 Juli 2016 06:01 WIB

Suporter Masuk ke Lapangan, Portugal Melaju ke Semifinal Piala Eropa 2016

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Portugal sukses melaju ke semifinal Piala Eropa 2016.

Setelah bermain imbang 1-1 selama 90 menit, Portugal mengalahkan Polandia di babak adu penalti dengan skor 5-3 dan merebut tiket babak empat besar.

Bertanding di Stade Velodrome, Marseille, Jumat (1/7/2016) dini hari WIB, Polandia langsung unggul cepat sejak menit pertama. Robert Lewandowski memanfatkan assist Kamil Grosicki, striker berusia 27 tahun meneruskan bola dengan sepakan maut yang merobek gawang Rui Patricio.

Portugal baru bisa membalas di menit ke-32. Tendangan Renato Sanches bisa melesat masuk ke gawang Polandia yang dikawal Lukasz Fabianski. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, kedua tim bermain lebih imbang. Portugal sedikit di atas angin dengan mampu menciptakan banyak peluang. Sebaliknya Polandia mesti bermain sedikit keras yang berujung beberapa kartu kuning dijatuhkan kepada pemainnya.

Ronaldo yang banyak diharapkan bisa mencetak gol, beberapa kali bisa membahayakan gawang Polandia. Di menit ke-56, sepakannya cuma melenceng tipis di samping gawang Fabianski.

Begitu pun di menit ke-86, mendapat umpan lambung dari tengah lapangan, Ronaldo gagal menjangkaunya. Terlihat ekspresi kekecewaan megabintang Real Madrid melewatkan peluang emasnya.

Hingga wasit Felix Brych meniup peluit panjang, skor 1-1 belum berubah. Laga pun terpaksa dilanjutkan ke babak tambahan.

Di masa extra time, kedua tim melakukan pergantian pemain. Portugal menarik William Carvalho dan memasukkan Danilo Pereira, sementara Polandia memainkan Tomasz Jodlowiec untuk mengganti peran Krzysztof Maczynski.

Serangan kedua tim jadi lebih hidup berkat strategi serangan balik. Polandia dan Portugal mampu menciptakan peluang berbahaya, yang sayangnya belum berujung gol. Di lima belas menit pertama, skor masih sama kuat.

Di babak kedua extra time, Polandia lebih banyak menekan. Beberapa kali serangan mereka layangkan, namun cuma berujung tendangan sudut. Laga pun sempat diinterupsi akibat ada beberapa suporter Portugal yang masuk ke lapangan untuk menghampiri Ronaldo.

Namun lagi-lagi tidak ada gol tambahan tercipta. Babak adu penalti pun diambil untuk mencari pemenang. Portugal di babak tersebut akhirnya unggul 5-3 usai semua algojonya bisa memasukkan bola. Sementara satu penendang Polandia yang gagal menuntaskan tugasnya adalah Jakub Blaszczykowski.

Portugal pun melaju ke semifinal Piala Eropa 2016. Prestasi ini mengulang prestasi mereka di Piala Eropa 2012 lalu. Selanjutnya, Ronaldo dan kawan-kawan tinggal menunggu pemenang laga Belgia versus Wales yang baru akan berlangung Sabtu (02/07/2016) dini hari WIB.(exe/ist)

Susunan Pemain:
Polandia:
Fabianski, Piszczek, Glik, Pazdan, Jedrzejczyk, Blaszczykowski, Krychowiak, Maczynski (Jodlowiec'98), Grosicki (Kapustka'82), Milik, Lewandowski.

Portugal:
Patricio, Cedric, Pepe, Jose Fonte, Eliseu, Joao Mario (Quaresma'80), Sanches, Carvalho (Pereira'96), Silva (Moutinho'73), Nani, Ronaldo.
0 Komentar