Jumat, 01 Juli 2016 23:38 WIB

Kepolisian Tiga Negara Sita 11 Ton Kokain dari Hutan Kolombia

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kepolisian tiga negara, Italia, Kolombia, dan Amerika Serikat (AS) menyita 11 ton kokain dan menangkap 33 orang yang masuk dalam jaringan mafia Narkoba di hutan Kolombia.

Kokain itu rencananya akan diselundupkan ke luar negeri menggunakan wadah dari buah-buahan tropis. "Sebagian besar kokain disita di Kolombia," kata Kepala Departemen antimafia Italia, Franco Roberti, saat jumpa pers di Roma seperti dikutip dari Reuters, Jumat (01/07/2016).

Kokain yang sudah disempurnakan itu, menurut pihak kepolisian, ditemukan di tujuh laboratorium dalam hutan. Barang haram tersebut akan dikirim ke Eropa dan AS dalam wadah buah tropis melalui sejumlah negara, termasuk Panama, Kosta Rika, dan Republik Dominika.

Dari 33 penangkapan terhadap tersangka, 22 di antaranya dilakukan di Kolombia dan sisanya di Italia. Penangkapan itu dilakukan dalam beberapa hari terakhir.

Operasi penangkapan ini dilakukan oleh Departemen Obat-obatan Terlarang AS, DEA, termasuk agen-agennya di Italia dan Kolombia, polisi Italia dan polisi Kolombia.

"Ini adalah cara kami berjuang dalam perang ini, bersama-sama. Mereka adalah pedagang obat bius, mereka adalah pembunuh," kata James Allen, Direktur Regional DEA untuk Eropa.(exe/ist)
0 Komentar