Senin, 04 Juli 2016 11:47 WIB

Tentukan 1 Syawal, Kemenag Gelar Sidang Isbat Sore Ini

Editor : Danang Fajar
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pemerintah melalui Kementrian Agama memastikan akan melakukan sidang Isbat untuk menentukan tanggal 1 Syawal 1437 H, 2016 sore nanti,

Hal tersebut telah di umumkan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais-Binsyar) Muhammad Thambrin.

"Sidang isbat awal Syawal tahun ini akan dilaksanakan pada Senin, (4/7/2016) di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin, Jakarta Pusat," ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais-Binsyar) Muhammad Thambrin Senin (4/7/2016) pagi

Menurut Thambrin, sidang isbat awal Syawal 1437 H rencananya akan dimulai pada pukul 17.00 WIB. Sidang akan dibuka dengan sesi pemamaparan hasil pengamatan dari 33 lokasi pengamatan hilal di 33 provinsi se-Indonesia. Kemudian hasil dari pengamatan itu akan didiskusikan dalam sidang tertutup.

"Hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Syawal 1437 akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat awal syawal untuk kemudian diambil keputusan penentuan (kapan) awal Syawal 1437 H," kata Thambrin.

Sidang Isbat ini akan di lakukan dengan menghadiri hadiri beberapa duta besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.
0 Komentar