Selasa, 05 Juli 2016 18:59 WIB

Pasca Ledakan Bom Bunuh Diri, Situasi Polres Solo Kondusif

Editor : Danang Fajar
Laporan : Gita Ginting

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Situasi dan kondisi pasca ledakan yang terjadi di Polresta Surakat‎a, Selasa (5/7/2016) pagi telah kondusif. Kini, petinggi-petinggi Polri telah mengunjungi ke lokasi kejadian.

Karopenmas Mabes Polri Brigjen Agus Rianto mengatakan meski situasi di lokasi sempat mencekam, namun pasca ledakan saat ini di wilayah tersebut tetap dalam keadaan kondusif. Bahkan, pasca ledakan, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dan Kepala BNPT Komjen Tito Karnavian langsung mengunjungi lokasi.

"Tetap dalam keadaan kondusif. Bapak Kapolri, kepala BNPT dan Kadiv Humas saat ini sedang berada di Solo untuk memantau dan mengecek secara langsung wilayah Mapolresta Surakarta setelah terjadinya bom bunuh diri tadi pagi. Sa‎mpai saat ini temen-temen di Polda Jawa Tengah termasuk Polresta di back up oleh tim Densus 88 terus melakukan upaya penyelidikan dan pengumpulan bukti-bukti terkait dengan ledakan tadi pagi," ujar Agus dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (5/7/2016).

Selain itu, terkait jaringan mana pelaku bom bunuh diri, Agus mengaku pihak kepolisian belum dapat memastikanya. Pasalnya, pihaknya masih melakukan proses penelusuran.

Kendati demikian, pihak kepolisian sebelumnya melakukan upaya penangkapan dan pene‎gak hukum terhadap mereka yang diduga masuk dan gabung dalam jaringan terorisme. Dengan begitu, dia berharap agar identifikasi dapat dilakukan oleh anggota Polri.

"Mudah-mudahan indetifikasi yang dilakukan oleh tim DVA dan labfor segera menemukan hasil. Sehingga kita bisa menentukan paling tidak kemungkinan dari mana kelompok mereka terkait," ungkap Agus.

Sementara itu, meski adanya musibah yang terjadi, tidak mengurangi pelayanan dari kepolisian terhadap masyarakat. Seperti halnya program Ramadania dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri, misalnya.

"Arus mudik ataupun arus balik dan itu tidak mengendorkan semangat kami. Dan kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak perlu khawatir yang berlebihan namun kita harus tetap waspada. Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan rasa aman dan rasa nyaman bagi kegiatan masyarakat," himbau Agus.
0 Komentar