Rabu, 06 Juli 2016 14:00 WIB

Ketua DPR: Mustahil Zero Accident pada Saat Mudik

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ketua DPR Ade Komarudin mengaku sangat mustahil jika pada saat momen mudik ini tidak ada yang namanya kecelakaan. Apalagi kecelakaan itu terjadi disebuah jalan tol.

Hal ini disampaikan Ade perihal pada hari Senin kemarin mengunjungi pintu tol Brebes Timur Exit yang menjadi tempat kemacetan parah.

Pria akrab disapa Akom menuturkan, pemerintah telah mengupayakan sejumlah perbaikan untuk mencegah kemacetan pada musim mudik lebaran. Hasilnya, kata dia, persentase kecelakaan pada arus mudik tahun ini menurun sekitar 40 persen dibandingkan tahun 2015.

"Kalau zero accident saya kira enggak mungkin dengan jumlah pemudik besar. Itu cita-cita yang utopia," ujar Akom usai menjalani di Masjid Istiqlal, Rabu (6/7/2015).

Sedangkan untuk kemacetan, Akom mengatakan macet akan selalu ada meskipun pemerintah telah membuka jalan baru. Macet akan selalu mengikuti ujung jalan akhir jalan tol terbaru.

"Nanti kalau jalannya dibangun sampai ke Pemalang, pasti di Pemalang macet. Artinya akan terus seperti itu," tutur Akom.

Akom menilai pengelolaan tol merupakan hal yang perlu ditingkatkan, baik dengan cara menerapkan aturan pembayaran dengan uang pas maupun penerapan e-toll.

Kakorlantas Irjen Agung Budi sebelumnya menyatakan ada 172 nyawa melayang pada saat masa mudik lebaran. Jumlah itu lebih kecil dari tahun sebelumnya.
0 Komentar