Kamis, 07 Juli 2016 08:32 WIB

Rusia Kerahkan Radar Podsolnukh Pantau Operasi NATO

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kantor berita Interfax menyatakan, militer Rusia akan mengerahkan radar jarah jauh terbarunya di Baltik dan Laut Hitam untuk memantau operasi NATO.


Radar tersebut mampu memantau kapal perang dan pesawat pada jarak hingga 450 km. "Kami berharap radar Podsolnukh dapat di-upgrade secara online di Laut Baltik pada 2017," ujar sebuah sumber militer Rusia kepada Interfax.


Ia mengatakan, stasiun radar serupa kemungkinan akan dipasang di Crimea sehingga mampu mendeteksi setiap kapal perang asing yang melewati Selat Bosphorus, seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (06/07/2016).

Keberadaan kedua radar canggih tersebut secara signifikan akan memperkuat kapasitas Rusia untuk memantau NATO di wilayah tersebut, dimana terjadi peningkatan dramatis dalam latihan militer, operasi pengawasan, dan penyebaran Angkatan Laut.

Untuk diketahui radar Podsolnukh (bahasa Rusia untuk Bunga Matahari) adalah radar over the horizon (OTH) yang dirancang mampu mendeteksi, melacak, dan mengklasifikasikan hingga 300 laut dan 100 target udara dalam mode otomatis pada jarak hingga 450 km.

Radar ini juga mampu mengakuisisi target untuk kapal perang sekutu Rusia dan bisa menjadi radar sistem pertahanan udara yang jaraknya melibihi radar konvensional. Tiga stasiun Podsolnukh saat ini telah beroperasi di timur jauh Rusia dan Laut Kaspia.(exe/ist)

 
0 Komentar