Sabtu, 09 Juli 2016 08:53 WIB

Brexit Buat Industri Manufaktur Inggris Semakin Mengkhawatirkan

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Produksi industri Inggris tercatat menyusut sebesar 0,5 persen pada Mei 2016 dibandingkan dengan April.

Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran tentang propek ekonomi Negeri Ratu Elizabeth -julukan Inggris- setelah referendum Brexit memutuskan keluar dari keanggotaan Uni Eropa (UE). Tiga dari empat sektor industri utama Inggris mengalami penurunan, dengan yang terbesar dialami manufaktur berdasarkan data Kantor Statistik Nasional Inggris.

Dilansir BBCnews, Jumat (08/07/2016) para analis memperingatkan potensi industri Inggris kedepannya cenderung mendatar. Chris Williamson dari Markit mengatakan industri Manufaktur Inggris semakin mengkhawatirkan, ketika Brexit semakin menghadirkan ketidakpastian.

Dia menambahkan meski penurunan pada Mei, masih lebih baik dibandingkan prediksi sebelumnya. Namun menurutnya, ketidakpastian dapat memberikan efek serius bila kondisi seperti ini terus bertahan.

Secara tahunan, produksi industri Inggris tercatat mengalami kenaikan sebesar 1,4 persen pada Mei 2015 lalu. Keputusan Inggris meninggalkan UE diyakini para ekonom cenderung membebani perekonomian di beberapa bulan ke depan. Salah satu efeknya adalah penurunan produksi manufaktur mencapai 0,5 persen pada Mei.


Meski begitu, penurunan poundsterling dalam beberapa pekan terakhir disebutkan bakal membantu eksportir di sektor manufaktur. "Sementara pounds curam sejak referendum seharusnya memberikan dorongan kepada ekspor. Prospek jangka panjang akses Inggris ke single market harus dapat dipertahankan," ucap Williamson.

Lanjut dia, transaksi perdagangan Inggris dalam negosiasi untuk pasar ekspor utama akan menjadi penting. Meskipun perlambatan pada bulan Mei, produksi industri masih diharapkan untuk meningkatkan pertumbuhan kuartal kedua.

Penurunan Mei di bidang manufaktur terkonsentrasi sebagian besar di sektor farmasi dan sektor tekstil, yang menikmati pertumbuhan yang kuat di bulan sebelumnya.(exe/ist)
0 Komentar