Rabu, 13 Juli 2016 16:45 WIB

Pasca Lebaran, Kota Tangerang Diserbu Pencari Kerja

Editor : Rajaman
Laporan: Hendrik Simorangkir

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Pasca lebaran, jumlah pelamar kerja yang membuat kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tangerang, mengalami peningkatan dari hari biasanya.

"Ya ada peningkatan pembuat kartu kuning, tapi tidak begitu signifikan. Selasa kemarin jumlahnya mencapai 90 orang. Hari biasanya hanya sekitar 50-60 orang," ujar Kabid Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Disnaker Kota Tangerang Mahdiar, Rabu (13/7/2016).

Menurut Mahdiar, peningkatan jumlah pelamar kerja ini tidak berkaitan dengan masuknya pendatang ke Kota Tangerang yang biasa terjadi setelah libur Lebaran. Pelamar didominasi masyarakat yang baru saja lulus SMA tahun ini.

"Tidak ada korelasi dengan pendatang baru, karena untuk membuat kartu kuning kan harus pakai KTP domisili Kota Tangerang. Ini kebanyakan anak sekolah yang ijasah SMAnya baru turun, jadi langsung melamar kerja," jelasnya.

Mahdiar menambahkan, meningkatnya pelamar kerja pasca lebaran merupakan trend tiap tahun. Penyebab lainnya, menurut dia, biasanya karena pasca lebaran sejumlah perusahaan banyak yang membuka lowongan.

"Kadang ada juga yang sudah punya pekerjan, tapi ingin coba cari pekerjaan lagi, biasanya keputusannya setelah lebaran. Hal lainnya mungkin warga yang belum mempunyai pekerjaan memaanfaatkan momentum setelah lebaran untuk mencari kerja," pungkasnya.
0 Komentar