Kamis, 14 Juli 2016 10:33 WIB

Sertijab Kapolri Dihadiri Beberapa Menteri dan Mantan Kapolri

Editor : Danang Fajar
Laporan: Gita Ginting

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Jenderal Badrodin Haiti menyerahkan tongkat komando Kapolri kepada Jenderal Tit‎o Karnavian dalam acara serah terima jabatan (sertijab) di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Kamis (14/7/2016) pagi.

Berdasarkan pantauan Tigapilarnews.com, acara sertijab ini dihadiri oleh tamu undangan yakni Menkopolhukam Luhut Panjaitan, Menpan RB Yuddy Chrisnandi, Menko Maritim Rizal Ramli, Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Tak hanya itu, mantan Kapolri yang turut hadir dalam acara sertijab ini yakni Jenderal (Purn)‎ Dai Bachtiar, Jenderal (Purn) Bambang Hendarso Danuri, dan Jenderal (Purn) Sutanto.

Turut pula hadir Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Jaksa Agung M Prasetyo, dan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rajardjo. ‎

Acara sertijab ini diawali dengan penyerahan tongkat komando dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 48 Tahun 2016 tentang Pemberhentian Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

Setelah itu, Jendral Tito dan Jendral Badrodin yang sudah berada di atas mimbar utama langsung menyerahkan tanda jabatan yakni bendera Polri Tri Brata.

Setelah prosesi itu, mereka melakukan penandatanganan naskah serah terima jabatan dan pakta integritas Kapolri.

Atas penyerahan tongkat komando Kapolri, peralihan kepemimpinan Korps Bhayangkara resmi berpindah dari Jendral Badrodin ke Jendral Tito.

Seperti diketahui, Tito Karnavian resmi menjabat Kepala Polri setelah dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/7/2016) pukul 14.00 WIB.

Hal itu sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 48 Polri Tahun 2016 tentang pemberhentian dan pengangkatan Kepala Polri.

Melalui Keppres itu, Presiden menetapkan untuk memberhentikan Jenderal Badrodin Haiti dengan NRP 85070887 dari jabatan Kapolri sekaligus mengangkat Tito Karnavian dengan NRP 64100600 sebagai Kapolri
0 Komentar