Jumat, 15 Juli 2016 13:44 WIB

Usai Lebaran, DPKP Tangsel Pantau Harga Kebutuhan Pokok

Editor : Rajaman
Laporan: Hendrik Simorangkir

TANGSEL, Tigapilarnews.com - Sejumlah pedagang bahan pokok di Tangerang Selatan (Tangsel), usai Lebaran mengalami penurunan.

Hal tersebut terungkap dari pengecekan harga yang dilakukan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Tangsel di Pasar Modern Bintaro, Kecamatan Pondok Aren, Tangsel.

Harga bahan pokok seperti bawang merah yang sempat menyentuh angka Rp. 60.000/kg saat ini turun menjadi Rp 45.000/kg. Termasuk harga berbagai jenis cabai yang mengalami penurunan sejak hari ketiga Lebaran.

Menurunnya harga sejumlah bahan pokok ini disinyalir akibat kembali normalnya permintaan masyarakat di pasar. Namun untuk beberapa komoditas pangan seperti kentang dan bawang putih mengalami kenaikan harga akibat stok dari pemasok yang belum mencukupi.

"Harga sembako sudah mulai turun baik harga cabai, seperti cabai rawit merah dari Rp 80 ribu menjadi Rp 45 ribu," ujar Prima, salah satu pedagang sayur di Pasar Modern Bintaro, Jumat (15/7/2016).

Namun, harga bahan pokok yang menurun ini sebetulnya belum mencapai harga normal seperti yang diinginkan pemerintah. Harga-harga yang turun masih tergolong tinggi meski sudah jauh menurun dari harga yang sempat melonjak ketika sebelum Lebaran.

"Harganya turun tapi belum menyentuh harga normal, masih mahal. Mungkin nanti sekitar seminggu lagi harga-harga baru normal lagi," katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kasie Distribusi, Ketersediaan dan Kerawanan Pangan pada DPKP Tangsel, Musari, harga sembako baik beras, telor, cabai, bawang sudah mengalami penurunan, namun masih ada yang tinggi seperti halnya daging masih dikisaran Rp 110 hingga Rp 120 ribu per kilonya.

"Lebaran memiliki pengaruh kuat terkait harga, buktinya selepas lebaran dengan permintaan yang stabil membuat harga kebutuhan pokok sudah mengalami penurunan, terbukti seperti halnya daging ayam dari Rp 45 ribu menjadi Rp 38 ribu," pungkas Musari.
0 Komentar