Sabtu, 16 Juli 2016 08:25 WIB

Banyak Pembalap Jatuh di GP Jerman, Ini Keluhan Lorenzo

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sesi latihan hari pertama GP Jerman 2016 di Sirkuit Sachsenring telah membuat sejumlah pembalap terjatuh, tak terkecuali Jorge Lorenzo.

Juara dunia MotoGP 2015 itu pun mulai buka suara. Setidaknya, lima pembalap terjatuh di sesi latihan pertama di Sirkuit Sachsenring, Jumat (15/07/2016). Uniknya, pembalap terjatuh hanya di tikungan ke-11 sirkuit pendek tersebut sehingga berbagai spekulasi muncul.

Lorenzo sendiri punya pandangan rasional terkait kejanggalan tersebut. Menurutnya, kondisi lintasan setengah basah telah memperparah karakter Sirkuit Sachsenring yang didominasi tikungan ke kiri.

"Sepertinya, insiden tersebut terjadi karena kondisi lintasan yang dingin dan sangat licin. Anda harus berhati-hati dengan ban," kata Lorenzo, dikutip laman resmi MotoGP.

Sirkuit Sachsenring merupakan lintasan terpendek di race tahun ini. Meski hanya 2,28 mil atau 3,67 km, sirkuit ini menjadi salah satu yang tersulit karena memiliki tikungan yang unik.

Sachsenring memiliki 10 tikungan ke kiri, sementara hanya tiga tikungan ke kanan sehingga ban menjadi tidak simetris setelah melakoni beberapa putaran. Terlebih, di tikungan ke-11 kontur sirkuit menjadi landai, hal itu yang disebut menjadi penyebab daerah itu menjadi rawan.(exe/ist)
0 Komentar