Minggu, 17 Juli 2016 10:11 WIB

Marquez Akui Sulit Balapan di GP Jerman

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Marc Marquez menolak mengikuti pembalap lain yang mengkritisi cuaca dan ban jelang berlangsungnya GP Jerman.

Wakil Repsol Honda itu menilai tidak ada yang bisa dijadikan kambing hitam. Ada beberapa peritiwa negatif yang dialami pembalap ketika menyusuri sirkuit Sachsenring. Terjadi sejumlah kecelakaan baik saat latihan bebas maupun kualifikasi. Jorge Lorenzo dan Maverick Vinales menjadi salah satu korbannya.

Lorenzo sempat jatuh tiga kali. Pembalap Movistar Yamaha itu secara tidak langsung menyalahkan Michelin selaku produsen ban. Pasalnya, performa ban asismetris garapan pabrikan asal Perancis itu kurang sempurna.

Lorenzo percaya material atau karet ban tersebut terlalu keras. “Sekalipun saya melaju lebih lambat 30 kmh dibandingkan tahun lalu, saya tetap saja mengalami kecelakaan,” kilah pembalap asal Spanyol itu, dilansir autosport.

Sedangkan Vinales dan beberapa joki lainnya menyalahkan cuaca. Disinyalir sulitnya melaju dengan cepat karena suhu udara terlalu dingin yang membuat lintasan sedikit basah. Alhasil, terjadi banyak kecelakaan.

Tapi, Marquez kurang sependapat dengan para koleganya, terutama Lorenzo. Menurutnya, sejak dulu Sachsenring merupakan sirkuit yang berbahaya. “Tikungan di sirkuit Sachsenring akan terus seperti ini, baik itu dengan Michelin, Bridgestone maupun ban lainnya,” jelas Marquez, dikutip crash.

Meski demikian, Marquez tidak menampik kalau kondisi cuaca cukup mempengaruhi karakter lintasan. Sang Matador mengakui kalau balapan di Sachsenring bakal lebih sulit jika suhunya terlalu dingin.

“Sedikit berangin ketika melewati tikungan. Itu sangat menyulitkan. Lihat saja apakah benar jika suhunya sedikit tinggi akan membuat balapan jadi lebih aman. Tapi, mengacu apa yang terjadi tahun lalu, kami mengalami banyak kecelakaan,” tutup Marquez.(exe/ist)
0 Komentar