Minggu, 17 Juli 2016 16:43 WIB

PBSI Ingin Pecahkan Sejumlah Rekor di Olimpiade 2016

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Tim bulu tangkis Indonesia berpeluang untuk mencetak tiga sejarah di ajang Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Sebanyak 10 pebulutangkis terbaik Merah-Putih akan adu kemampuan di perhelatan akbar yang berlangsung selama empat tahun sekali ini.

Tiga sejarah baru bisa terukir di Rio. Pertama, Hendra Setiawan berpeluang untuk menjadi pemain ganda putra Indonesia yang bisa meraih medali emas Olimpiade. Pada Olimpiade Beijing 2008, Hendra mempersembahkan satu-satunya medali emas untuk Indonesia bersama Markis Kido.

Hendra tak berpartisipasi di Olimpiade London 2012, dan kini bersama Mohammad Ahsan, Hendra menjadi salah satu pasangan ganda putra yang paling ditakuti di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Menduduki peringkat dua dunia, Hendra dan Ahsan punya kans untuk memboyong emas.

Meskipun punya catatan cemerlang di pentas bulutangkis internasional, namun sektor ganda campuran yang dipimpin Richard Mainaky, belum pernah mengamankan medali emas Olimpiade. Tri Kusharjanto/Minarti Timur mendapat medali perak setelah terhenti di final Olimpiade Sydney 2000.

Delapan tahun kemudian, Nova Widianto/Liliyana Natsir juga belum berhasil menggondol emas setelah ditaklukkan di final Olimpiade Beijing 2008 oleh wakil Korea, Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung.

Rekor ketiga diharapkan dapat terpecahkan oleh pasangan ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari. Selama bulu tangkis dimainkan di Olimpiade pada tahun 1992 di Barcelona, sektor ganda putri belum berhasil meraih medali sama sekali.

"Ganda putri memang belum pernah meraih medali olimpiade, ini jadi motivasi tersendiri buat kami. Tekad kami ingin meraih medali pertama ganda putri di Olimpiade, kami tidak mau membicarakan warna medalinya, karena kalau kami tekankan emas, emas, emas, akan memberi pressure kepada atlet. Namun kami tetap membidik hasil terbaik," jelas Eng Hian, Kepala Pelatih Ganda Putri PBSI.

"Karantina ini menjadi penyegaran buat atlet, minggu ini latihan fisik untuk daya tahan memang ditingkatkan, peak-nya paling tinggi di minggu ini. Mulai pekan depan, kami fokus di teknik, strategi serta taktik," tambah Eng, peraih medali perunggu ganda putra di Olimpiade Athena 2004 bersama Flandy Limpele ini.

"Greysia/Nitya bukan unggulan pertama atau kedua, namun kemampuan mereka tak kalah dari pasangan yang peringkatnya diatas mereka. Sehingga seharusnya beban ada pada pasangan yang lebih diunggulkan, Greysia/Nitya bisa tampil lebih lepas," kata Christian Hadinata, legenda bulutangkis Indonesia.

Kemenangan di Singapore Terbuka 2016, Korea Terbuka 2015 dan medali emas Asian Games Incheon 2014 menunjukkan kekuatan Greysia/Nitya seimbang dengan lawan-lawan mereka yang lebih dijagokan.(exe/ist)
0 Komentar