Minggu, 17 Juli 2016 16:51 WIB

Banyak PKL Kuasai Badan Jalan, Pasar Cengkareng Semrawut

Editor : Hermawan
JAKARTA, Tigapilarnews.com – Keberadaan PKL di sekitar Pasar Cengkareng membuat kawasan tersebut tampak semrawut. Kondisi demikian pun kerap dikeluhkan warga.

Kepala Sudin Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) Jakarta Barat, Sonar Sinurat mengatakan siap menata seratusan PKL yang marak di kawasan Pasar Cengkareng.

"Keberadaan lapak PKL sudah sangat meresahkan warga. Berbagai pedagang tumpah ruah menguasai trotoar, jalur hijau, dan berdiri di atas saluran air," jelas Sonar, Minggu (17/7/2016).

Sonar menjelaskan kesemrawutan kawasan Pasar Cengkareng akibat kehadiran PKL yang sudah setahun berada di lokasi itu.

"Para pedagang berjualan di gedung lokasi binaan milik Sudin KUMKMP dan Pasar Jaya. Namun, karena sepi pembeli, mereka turun membuka lapak dagangan di trotoar. Kondisinya pun dibiarkan sekian lama," ungkap Sonar.

Sonar mengatakan Sudin KUMKMP hingga saat ini belum menerima data atau diminta oleh Lurah Cengkareng Timur maupun Camat Cengkareng untuk turun bersama guna menata seratusan pedagang yang menguasai badan jalan, jalur hijau dan di atas saluran tersebut.

"Kalau sekadar penertiban, kondisi kesemrawutan akan terus terjadi. Ada dua lokasi usaha, yaitu Lokbin dan Pasar Jaya yang bisa dijadikan tempat penampungan PKL sehingga kesemrawutan bisa ditangani," pungkas Sonar.

Diketahui, ratusan lapak PKL menguasai setiap badan jalan, atas saluran air dan jalur hijau di kawasan Pasar Cengkareng.

Diperkirakan sebanyak 700 lapak PKL menguasai ruang publik sehingga kawasan menjadi semrawut dan tidak tertata. (ist)

 
0 Komentar