Selasa, 19 Juli 2016 10:56 WIB

Optimis Capai Target DPPKAD Terus Genjot Masyarakat Untuk Bayar PBB

Editor : Danang Fajar
Laporan : Hendrik Simorangkir

TANGSEL, Tigapilarnews.com - Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Tangerang Selatan (Tangsel), optimis target Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2016, bisa tercapai sebesar Rp 250 miliar.

Untuk semester pertama mulai Januari-Juni, capaian pendapatan dari penerimaan PBB telah mencapai Rp 90 miliar. Angka itu tentu sangat tinggi, meski baru setengah perjalanan tahun anggaran, ternyata sudah mencapai 64 persen dari target pendapatan sebesar Rp 250 miliar.

Kepala Bidang PBB dan Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB) DPPKAD Tangsel, Indri Sari Yuniandri mengatakan, pemasukan PBB semester pertama pada 2016 ini lebih besar dibandingkan pada 2015 lalu, sebesar Rp 25 miliar.

"Penerimaan PBB untuk semester pertama di tahun ini sekitar Rp 90 miliar rupiah. Jauh dibandingkan penerimaan tahun sebelumnya pada periode yang sama," ujar Indri, Selasa (19/7/2016).

Lanjut Indri, melonjaknya penerimaan PBB pada semester pertama ini seiring dengan terus dilakukannya sosialisasi kepada masyarakat wajib pajak. Para wajib pajak membayarkan kewajibannya mendekati batas waktu yang ditentukan, yakni 31 Agustus.

"Kami juga terus menggali potensi penerimaan PBB di sejumlah tempat. Kami pun sudah membuka layanan PBB weekend (Sabtu-Minggu). Masyarakat banyak yang mengakses pelayanan PBB weekend karena bertepatan dengan libur kerja," jelasnya.

Indri menambahkan, pihaknya optimis penerimaan PBB pada 2016 akan mencapai Rp 250 miliar. Indikatornya, yakni penerimaan pada semester pertama yang jauh melonjak dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun lalu perolehan PBB mencapai Rp 258 miliar dari target Rp 220 miliar.

"Kami juga mengimbau masyarakat untuk segera membayar PBB sebelum jatuh tempo, agar dapat mempermudah pendataan. Karena biasanya mendekati jatuh tempo baru banyak pembayaran," pungkasnya.
0 Komentar