Rabu, 20 Juli 2016 07:31 WIB

Komite Olimpiade Jerman Ingin Rusia Dihukum Berat

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Komite Olimpiade Jerman (DOSB) memberikan dukungan agar Rusia dicoret dari keikutsertannya di Olimpiade 2016.

Dukungan tersebut diberikan setelah terbongkarnya skandal doping yang dilakukan oleh sejumlah atlet Rusia mendapatkan dukungan dari pemerintah. Terbongkarnya skandal ini menjadi berita besar di dunia olahraga.

Seorang pengacara asal Kanada, Richard McLaren yang ditugasi Badan Anti-doping Dunia (WADA) yang berhasil membongkar kasus memalukan tersebut. McLaren berhasil mendapatkan informasi penggunaan doping di Olimpiade Musim Dingin Sochi 2014 dibantu dinas rahasia Rusia.

Dalam laporan tersebut, disebutkan bahwa sampel urin milik atlet Rusia telah ditukar untuk mengaburkan hasil tes. Praktek tersebut dilakukan secara terstruktur oleh pemerintah Rusia dengan melibatkan Satuan Pengamanan Federal (FSB), Pusat Persiapan Olahraga Rusia (CSP) dan Laboratorium di Moskow & Sochi.

"Itu jelas penipuan dan tindakan sistematis yang dilakukan negara untuk menutupi doping. Sanksi yang tegas harus dikenakan terhadap dunia olah raga Rusia, atau melarang seluruh kegiatan Komite Olimpiade Rusia," ucap Presiden DOSB, Alfons Hoermann dikutipĀ Channelnewsasia, Selasa (19/07/2016),

"Mereka secara sadar telah menginjak-injak nilai olahraga, seperti fair play dan itu harus dihukum berat," sambung Hormann.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) sejauh ini baru menjatuhkan sanksi berupa larangan bertanding pada dunia olahraga rusia selama tiga pekan saja.(exe/ist)
0 Komentar