Jumat, 22 Juli 2016 08:41 WIB

Menlu ASEAN Tak Akan Bahas Keamanan Laut Sulu

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Keamanan Laut Sulu, Filipina, tidak menjadi salah satu pembahasan dalam pertemuan para Menteri Luar Negeri (Menlu) ASEAN atau AMM di Laos yang akan dimulai akhir pekan ini.

Hal itu diutarakan Direktur Mitra Wicara Antar-Kawasan Direktorat Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri Indonesia, Derry Aman.

”Sejauh ini memang tidak ada agenda khusus mengenai (pembahasan) keamanan Laut Sulu, dan belum pernah ada intensi dari negara anggota ASEAN. Negara anggota ASEAN yang terkait langsung, tidak membawa isu keamanan Laut Sulu di forum ASEAN,” kata Derry pada Kamis (21/07/2016).

"Namun, disaat AMM Retreat tentunya, di mana para Menlu diberikan kebebasan untuk mengangkat isu apapun yang mereka pandang penting untuk dibahas bersama anggota ASEAN, itu ada kemungkinan. Tapi, saya tidak mengatakan akan ada, kemungkinan itu selalu ada,” ujarnya.

Derry melanjutkan, sejauh ini memang tidak ada indikasi atau tanda-tanda bahwa negara-negara anggota ASEAN ingin membahas mengenai keamanan Laut Sulu dalam forum.

Laut Sulu sejatinya menjadi jalur dagang utama bagi sejumlah negara ASEAN. Namun, jalur laut ini belakangan berbahaya, di mana kerap terjadi penculikan oleh kelompok bersenjata Filipina terhadap sejumlah kapal, di mana awaknya berasal dari Indonesia dan Malaysia.(exe/ist)
0 Komentar