Kamis, 28 Juli 2016 18:25 WIB

Makam Fiktif Kembali Ditemukan Di TPU Pondok Ranggon

Editor : Danang Fajar
Laporan: Muchammad Syahputra

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Terkait dengan maraknya temuan makam yang terindikasi fiktif di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon di wilayah Jakarta Timur, membuat pengurus terus melakukan pengecekan Izin Penggunan Tanah Makam (IPTM) dan terbukti sekarang sudah ditemukan lagi sebanyak 33 makam yang terindikasi fiktif.

Kepala Tempat Pemakaman Umum (TPU) J.R Sieregar mengatakan pihaknya menemukan kembali makam yang terindikasi fiktif sedikitnya 5, dan itu adalah hasil dari penelusuran yang dilakukan pengurus dalam melihat kejanggalan terkait makam fiktif.

"Sebelumnya kita lakukan investigasi dan pemeriksaan makam ada 28 yang fiktif, namun sekarang bertambah 5 jadi total hingga saat ini ada 33 jadi kita sudah laporkan," ujar Kepala Tempat Pemakaman Umum (TPU) J.R Sieregar, saat dihubungi Tigapilarnews.com, Kamis (28/7/2016) sore.

Dirinya menambahkan atas penemuan 33 makam yang terindikasi tersebut pihaknya tidak langsung melakukan pembongkaran namun memberikan informasi kepada ahli waris terkait benar atau tidaknya keluarganya dikuburkan di tempat ini.

"Kita lakukan kabarkan dulu pihak ahli waris kita cek kebenarannya, sampai saat ini yang sudah dibongkar ada 10, dan 15 itu yang masih menunggu konfirmasi ahli waris, 8 lagi masih kita cari tau ini siapa yang miliki," tambahnya.

Dirinya menjelaskan akan melakukan tahap demi tahap untuk membuka kasus mengenai makam fiktif yang santer diberitakan."intinya dalam membongkar masalah makam fiktif, kami tidak terburu-buru, pelan-pelan kita masih cari kebenarannya," jelasnya.

Sebelumnya Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Christian Tamora Hutagalung melakukan razia terhadap makam fiktif yang ada di TPU Pondok Ranggon, dan benar saja ada sedikitnya 28 makam terindifikasi sebagai makam fiktif atau tak berpenghuni.
0 Komentar