Kamis, 04 Agustus 2016 06:25 WIB

Tatap Sejarah Baru, Phelps Bawa Bendera AS di Pembukaan Olimpiade 2016

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Atlet renang Michael Phelps terpilih sebagai pembawa bendera tim Amerika Serikat (AS) pada upacara pembukaan Olimpiade Rio 2016.

Komite Olimpiade AS mengumumkan Rabu (03/08/2016), Phelps dipilih oleh sesama atlet anggota tim AS yang tampil di Brasil. Seremoni pembukaan Olimpiade Rio 2016 dilaksanakan pada Jumat (05/08/2016) di Stadion Maracana, Rio de Janeiro.

Phelps, merupakan atlet renang pria AS pertama yang tampil di Olimpiade untuk kelima kalinya. Dia membuat sejarah di Olimpaide Beijing 2008, ketika menggondol medali emas dalam delapan nomor lomba.

Selain itu, menambah suksesnya di Olimpiade London 2012 ketika menjadi atlet Olimpiade paling sukses sepanjang masa dengan 22 medali sepanjang karier, termasuk 18 medali emas. Di Rio de Janeiro, Phelps juga menatap sejarah baru.

"Saya merasa terhormat sudah terpilih, bangga mewakili AS, dan tersanjung mengingat pentingnya membawa bendera," kata Phelps.

"Di Olimpiade Sydney, target saya hanya ingin bergabung dengan tim. Di Athena, saya ingin emas untuk negara. Di Beijing, saya ingin melakukan sesuatu yang tidak ada orang lain yang bisa lakukan. Di London, saya ingin membuat sejarah. Dan sekarang, Saya ingin berjalan di upacara pembukaan, mewakili Amerika dalam cara terbaik dan membuat keluarga saya bangga."

Phelps menjadi atlet termuda yang tampil di Olimpiade sejak 1932 saat membuat debut di Olimpiade Sydney 2000, dan delapan medali emas yang diraihnya pada Olimpiade Beijing 2008 merupakan rekor Olimpiade.

Phelps perenang kedua yang memimpin delegasi AS dalam upacara pembukaan dan perenang kelima sebagai pembawa bendera tim AS di Olimpiade. Peraih medali Olimpiade empat kali Gary Balai sebelumnya membawa bendera AS pada upacara pembukaan Olimpade Montreal 1976.

Olimpiade 2016 akan berlangsung 5-21 Agustus di Rio de Janeiro, dan sebagai Olimpiade pertama yang diadakan di Amerika Selatan.(exe/ist)
0 Komentar