Jumat, 05 Agustus 2016 13:35 WIB

Kapolresta Tangerang: Bhabinkamtibmas Ujung Tombak Polri

Editor : Danang Fajar
Laporan : Hendrik Simorangkir

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Polres Kota (Polresta) Tangerang menggelar upacara penyerahan kendaraan dinas berupa sepeda motor kepada Bhabinkamtibmas, di lapangan Polresta Tangerang, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Pemberian sepeda motor langsung diserahkan Kapolresta Tangerang, Kombes Asep Suheri, secara simbolik kepada perwakilan anggota jajaran Bhabinkamtibmas.

"Ada sekitar 90 unit kendaraan yang diserahkan kepada Bhabinkamtibmas. Namun, untuk saat ini baru 60 unit saja sisanya akan menyusul," ujar Asep, Jumat (5/8/2016) pagi tadi.

Dalam upacara penyerahan kendaraan tersebut, Asep mengatakan, peran Bhabinkamtibmas untuk mengelola suatu wilayah sangat besar. Mereka merupakan ujung tombak Polri. Karena Bhabinkamtibmas mengemban fungsi Polmas, inilah yang langsung bersentuhan dengan Masyarakat dalam menyampaikan semua himbauan dan informasi Kamtibmas serta pelayanan Kepolisian guna dapat mengajak dan merangkul bersama-sama masyarakat untuk menciptakan keamanan yang kondusif.

"Tugas pokok Bhabinkamtibmas adalah melakukan pembinaan masyarakat, deteksi dini, serta mediasi dan negosiasi agar tercipta kondisi kondusif di desa atau kelurahan," jelasnya.

Untuk mengoptimalisasi tugas Bhabinkamtibmas, tambah Asep, nantinya anggota Bhabinkamtibmas akan diperbanyak yakni satu Bhabinkamtibmas satu desa dan kelurahan secara bertahap.

"Hal ini ditujukan sebagai daya tangkal kejahatan terorisme, narkoba, dan separatisme di kalangan masyarakat," tutupnya.
0 Komentar