Sabtu, 06 Agustus 2016 07:52 WIB

Korban Bom Solo Dapat Penghargaan dari Kapolri Tito

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kapolri Jenderal Tito Karnavian memberikan penghargaan kepada Brigadir Bambang Adi Cahyanto, anggota Provos Kepolisian Resor Kota Surakarta, Solo, Jawa Tengah (Jateng) yang terluka saat peristiwa aksi bom bunuh diri, Selasa 5 Juli 2016.

"Hari ini saya melaksanakan kunjungan kerja pertama saya ke Jateng. Kenapa (kunjungan ke) Polda Jateng? Karena saya ingin mengambil momentum memberikan penghargaan kepada saudara Bambang yang menjadi korban pada waktu peristiwa bom Solo," kata Tito dalam siaran pers kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (05/08/2016).

"Berkat kesigapan dan ketanggapan Bambang, tadinya Bripka, sekarang (naik pangkat) Aipda. Saya berikan kenaikan pangkat luar biasa sekaligus tiket untuk ikut Secapa untuk jadi perwira tahun depan. Karena pendapat saya, ini berkah dari Tuhan yang maha kuasa, Allah SWT," imbuh Tito.

Diakui mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) ini, BambangĀ  dengan tanggap menghentikan bom meledak, tapi alhamdulilah bom tidak meledak sempurna. Menurut Tito, kalau dengan jarak bom 1,5 meter dan meledak sempurna, dia juga bisa jadi korban.

"Kalau dia (Bambang) tidak menghentikan, pelaku masuk Polres, akan ada korban juga. Saya melihat ini peristiwa luar biasa yang diberikan Allah SWT melalui Pak Bambang, sehingga korbannya atau dampaknya minimal. Penghargaan ini saya harap memotivasi anggota lain," ungkapnya.

"Saya ingin reformasi polisi pemberian reward-punishment benar-benar diterapkan. Saya memancing kepada Kapolda dan para kepala lain supaya mereka betul memberikan reward ke anggotanya yang baik, tulus dan berprestasi. Untuk yang melanggar berikan sanksi keras," tandasnya.

Untuk diketahui, Bambang menjadi satu-satunya korban terluka dari Polri saat aksi teror tersebut. Dia terluka ketika mencegah pelaku memaksa masuk ke halaman Mapolresta Surakarta, Solo.

Bambang sempat menahan pelaku bersama motornya saat akan memasuki gerbang Polres. Namun pelaku menyerobot masuk sejauh 15 meter, sebelum akhirnya bom meledak. Bambang yang mengejar pelaku ke dalam Mapolres terluka. Pelaku bom tewas akibat ledakan bom yang dibawa di badannya.

Pemberian penghargaan ini merupakan rangkaian kegiatan kunjungan kerja Tito Karnavian ke Semarang. Selain acara pemberian penghargaan, Tito juga memberi pengarahan ke jajarannya di Mapolres di daerah Jateng.(exe/ist)

 
0 Komentar