Minggu, 07 Agustus 2016 16:42 WIB

ISIS Hampir Terusir dari Manbij

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kelompok pemantau konflik Suriah, Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR), mengatakan kota Manbij hampir sepenuhnya dapat dikontrol oleh pasukan pemberontak yang didukung oleh pasukan Amerika Serikat (AS).

Pertempuran untuk menggulingkan ISIS dari kota di provinsi utara Aleppo ini telah berlangsung selama dua bulan. Dikatakan oleh SOHR, Pasukan Demokratik Suriah (SDF) berhasil mendorong keluar gerilyawan ISIS dari wilayah dekat perbatasan Turki dan Suriah. Pasukan SDF sendiri terdiri dari milisi Kurdi YPG dan pada pejuang Arab.

Menurut SOHR, kelompok yang berbasis di Inggris, kantong militan masih ada di pusat kota seperti dikutip dari Reuters, Minggu (07/08/2016).

Juru bicara dewan militer SDF, Sharfan Darwish mengatakan bahwa pertempuran terus terjadi. Namun 90 persen pertempuran di kota itu adalah pembersihan terhadap anggota kelompok ISIS.

Sedangkan seorang juru bicara koalisi AS mengatakan telah terjadi kemajuan berkelanjutan di Manbij, dan koalisi anti-ISIS akan terus mendukung SDF selama terus melakukan operasi pengambilalihan.(exe/ist)
0 Komentar