Senin, 08 Agustus 2016 08:22 WIB

Republikan: Trump Harus Ubah Strategi Kampanye

Editor : RB Siregar
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Dua pejabat Republikan mengkritisi Donald Trump. Mereka meragukan kemampuan kandidat Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik itu untuk memenangi pertempuran di Ohio serta basis utama, Arizona.

Sepekan sebelumnya, Trump juga 'babak belur' saat melaksanakan kampanye. Pernyataan-pernyataanya membuat dia semakin terpojok, khususnya soal Islam.

Dalam wawancara televisi yang disiarkan Minggu (7/8/2016), Gubernur Ohio John Kasich dan Senator Jeff Flake (Arizona) mengatakan, Trump perlu mengubah strategi untuk menghadang pesaingnya dari Partai Demokrat, Hillary Clinton.

Kasich menyatakan keraguan atas kemampuan Trump untuk memenangkan di Negara Buckeye, yang merupakan medan pertempuran empat tahunan itu.

Hal serupa diungkapkan Flake saat bicara di CBS dalam acara "Face the Nation". Dia memperingatkan bahwa Clinton bisa memenangkan pertempuran di Arizona.

Trump, kata Senator Arizona itu, perlu mengambil posisi yang lebih bertanggung jawab untuk mempertahankan negara yang selama ini mendukung Republik. Tetapi, basis utama dukungan Partai Republik terancam karena populasi Hispanik berkembang di sana.

Ditanya apakah Clinton bisa menang di Arizona? Flake mengatakan, "Pada tahun 1996, Bill Clinton memenangkan Arizona. Jadi, ya, itu mungkin."

Arizona menjadi pendukung calon Partai Republik setiap pemilihan sejak tahun 2000. Tetapi, belakangan beralih mendukung calon Partai Demokrat.

"Ada urgensi meningkat di antara Hispanik untuk memilih calon Partai Demokrat. Jika mereka melakukannya, peta pertarungan berubah di sini," kata Flake.

"Kami di Arizona menyadari bahwa kita harus punya reformasi imigrasi yang berarti - Anda tidak bisa hanya membuang kata-kata hampa di luar sana," kata Flake.(i)
0 Komentar