Senin, 08 Agustus 2016 16:35 WIB

Curi Hp, Dua Pencopet "Ditelanjangi" di Stasiun Manggarai

Editor : Danang Fajar
Laporan: Gita Ginting

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Tindak kriminal seperti pencopetan, ternyata masih terus terjadi di sejumlah stasiun kereta api khususnya yang berada di daerah Ibu Kota Jakarta.

Salah satunya adalah aksi pencopetan yang baru saja ditangkap oleh seorang petugas yang berada di Stasiun Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan pada Senin (8/8/2019) sore.

Terlihat dua orang pria tidak memakai pakaian terpampang disekitar lokasi stasiun Manggarai. Pada tubuh kedua pria tersebut, tergantung tulisan "Saya adalah copet. Kenali wajah saya".

Berdasarkan pengakuan salah satu penumpang bernama Arga (23), kawanan pencopet yang tertangkap petugas itu, mendapatkan sanksi sosial yakni dipajang dan diminta berjalan di sepanjang peron stasiun Manggarai sambil berteriak-teriak. Aksi tersebut tentunya menimbulkan reaksi perhatian dari sejumlah penumpang.

"Katanya mereka mencuri hp sih mbak. Terus korbannya teriak dan langsung didengar petugas. Pencopetnya ditangkap saat itu juga. Sampai sore suruh teriak-teriak. Hapenya sudah balik ke orangnya," ujar Arga saat ditemui dilokasi, Senin (8/8/2016)

Dihubungi terpisah, VP Komunikasi Perusahaan PT KCJ Eva Chairunisa membenarkan adanya aksi pencopetan tersebut. Para pelaku berhasil ditangkap melalui kesigapan petugas yang melihat gerak-gerik pelaku terduga copet saat sedang beraksi.

Tertangkapnya para pelaku, juga dilakukan melalui kerjasama para korban yang segera melaporkan dan berteriak saat menyadari bahwa terdapat tindakan mencurigakan dari para pelaku tersebut.

Sayangnya setelah para pelaku berhasil ditangkap petugas dan barang bukti yang telah dicopet kembali didapatkan, para korban tidak ada yang bersedia melanjutkan kasus tersebut ke pihak kepolisian.

Dengan demikian, Eva berharap kerjasama dari para korban untuk bersedia melanjutkan kasus pencopetan ke pihak kepolisian meskipun barang bukti sudah ditemukan.

"Tadi kita membuat surat pernyataan yang harus diisi oleh para pelaku dan pelaku dipajang di Stasiun Manggarai. Diharapkan hal tersebut dapat menjadi efek jera bagi para pelaku pencopetan," ujar Eva saat dihubungi.

Eva mengimbau para pengguna jasa untuk selalu menjaga barang bawaan dan berharganya saat menggunakan kereta api.

"Stasiun itu tempat publik yang sering menjadi incaran para pelaku kriminal, jadi para penumpang harus berjaga-jaga," imbau Eva.
0 Komentar