Senin, 08 Agustus 2016 23:02 WIB

Panglima TNI Imbau Pancasila Dilaksanakan dengan Konsisten dan Konsekuen

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemuda Panca Marga adalah pemersatu bangsa untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan.

Saya tegaskan, bahwa rakyat Indonesia dimanapun juga mereka mempunyai gen patriot dan ksatria, tetapi yang nyata terbukti mempunyai darah ksatria adalah Anda semua Pemuda Panca Marga.

Demikian dikatakan Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, pada acara Musyawarah Nasional IX Pemuda Panca Marga (PPM) di Aula The Media Hotel, Jl. Gunung Sahari, Jakarta pusat, Senin (08/08/2016).

Panglima TNI hadir di acara Munas IX Pemuda Panca Marga untuk memberikan semangat kepada generasi muda penerus bangsa, sekaligus  untuk menyampaikan kekhawatirannya tentang ancaman yang sedang dan akan dihadapi bangsa.

"Saya di sini sebagai Panglima TNI menyampaikan bahwa tidak mungkin TNI berjuang sendiri. TNI berjuang bersama-sama para pemudanya untuk menghadapi ancaman bangsa yang begitu besar dan saya yakin Pemuda Panca Marga akan ikut berjuang bersama-sama memajukan dan mengamankan bangsa ini," tegas Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Lebih lanjut, Gatot Nurmantyo menuturkan bahwasanya kita harus bersatu untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat dengan memanfaatkan modal geografi untuk menjadi negara agraris, negara maritim dan negara industri. Syaratnya, negara ini harus tetap aman, dan keamanan inilah, menurutnya dititipkan kepada semua anggota Pemuda Panca Marga.

"Menghadapi ancaman nyata yang sudah merasuk ke sendi kehidupan berbangsa, bernegara bahkan kehidupan berkeluarga, maka bangsa Indonesia harus memahami kembali jati dirinya sebagai bangsa patriot, bergotong-royong untuk mempererat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ungkapnya.

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam acara tersebut, menghimbau agar Pancasila dilaksanakan dengan konsisten dan konsekuen, maka pasti tujuan nasional tercapai yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Saya ingatkan kalian adalah keturunan-keturunan dari para pahlawan terdahulu yang gagah berani, jangan pernah surut untuk berjuang demi mempersatukan bangsa ini dan saya bangga terhadap kalian," tutup Panglima TNI.

Korps Yudha Putra adalah sebagai wadah perwujudan pencapaian tujuan organisasi Pemuda Panca Marga dalam rangka ikut aktif mengembangkan Sishankamrata sebagai kekuatan rakyat terlatih dan cadangan nasional.

Korps Yudha Putra Pemuda Panca Marga adalah merupakan salah satu pilar dalam keluarga besar TNI-Polri yang mengemban tugas menunjang konsepsi strategis kemanunggalan TNI, Polri dan rakyat.

Tugas pokok Korps Yudha Putra mewujudkan pertahanan sipil dibidang perlawanan rakyat (Wanra), perlindungan masyarakat (Linmas), cadangan nasional (Cadnas) dan turut serta membantu pemerintah dalam rangka pembinaan teritorial.

Munas IX Pemuda Panca Marga yang dilaksanakan mulai tanggal 7-9 Agustus 2016, diikuti 350 peserta dari 35 perwakilan daerah dan peninjau, mengambil tema "Wujudkan Cita-Cita Proklamasi dan Kembali ke UUD 1945 Bersama PPM".

Turut hadir pada acara tersebut, Aster Panglima TNI, Mayjen Wiyarto, Kapuspen TNI, Mayjen Tatang Sulaiman, Ketua Umum DPP Pemuda Panca Marga, H. Abraham Lunggana dan Ketua panitia Munas IX PPM, Mugaera Djohar.(exe/ist)
0 Komentar