Selasa, 09 Agustus 2016 07:51 WIB

Iran Bantah Terkait Aliran Dana dari AS

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Iran mengeluarkan pernyataan bantahan terkait aliran dana dari Amerika Serikat (AS).

Seperti dikutip dari Reuters, Senin (08/08/2016), Iran menegaskan bahwa dana senilai USD1,7 miliar yang diberikan AS tak terkait dengan perundingan nuklir atau proses pelepasan tawanan.

Menurut Iran, dana USD 400 juta yang dibekukan sejak 1981, ditambah bunga USD1,3 miliar adalah bagian dari dana perwalian Iran yang digunakan untuk membeli peralatan militer AS sebelum revolusi 1979. Setelah revolusi, kedua negara memutuskan hubungan diplomatik.

"Pengalihan USD400 juta dari Amerika ke Republik Islam Iran terkait dengan penjualan peralatan militer ke Iran sebelum revolusi dan tidak ada hubungannya dengan kesepakatan nuklir," tegas Kepala Dewan Keamanan Nasional Iran, Ali Shamkhani, seperti dikutip oleh kantor berita negara IRNA.

Penegasan serupa juga sudah pernah dilontarkan Gedung Putih, yang menyebut dana itu tak memiliki kaitan dengan perundingan nuklir atau pembebasan tahanan AS. Spekulasi sempat muncul, karena pengembalian dana itu dilakukan AS bertepatan dengan pembebasan lima warga AS yang sempat ditahan di Iran.

Isu ini sempat dijadikan bola panas oleh calon Presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump. Pengusaha eksentrik itu menyerang pemerintahan Presiden Obama soal penyetoran dana tersebut. Trump juga mempertanyakan momen transfer yang bertepatan dengan pembebasan sandera.(exe/ist)
0 Komentar