Kamis, 11 Agustus 2016 08:50 WIB

Pelindo Akan Kelola Penuh Pelabuhan di Tanah Air

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengungkapkan pihaknya saat ini tengah berpikir untuk menyerahkan pengelolaan pelabuhan yang ada di Tanah Air sepenuhnya kepada PT Pelindo (Persero).


Selama ini, beberapa pelabuhan dikelola oleh dua instansi yakni Pelindo dan Kementerian Perhubungan. Hal ini berbanding terbalik dengan kebijakan yang dikeluarkan Menhub sebelumnya, yakni Ignasius Jonan yang kala itu justru menginginkan agar beberapa pelabuhan yang dikelola Pelindo dapat diambil alih oleh Kemenhub.


Alasannya karena pelabuhan tersebut dinilai tidak berkembang dengan baik. Dia mengatakan, pihaknya ingin menjalankan mandat Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dapat melakukan privatisasi dari kegiatan yang ada di Pelindo. Karena itu, dirinya pun hari ini menyambangi Kementerian BUMN untuk membicarakan proses tersebut.

"Kelihatannya kita mau sejalan dengan mandat Presiden Jokowi dimana kita sedapat mungkin melakukan privatisasi dari kegiatan yang ada di Pelindo. Pelindo 1, 2, 3, 4 itu kan beberapa pelabuhannya itu dikelola dengan dua instansi. Dikelola oleh Perhubungan tapi juga dikelola Pelindo," katanya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (10/08/2016).

Menurutnya, dengan diserahkannya pengelolaan pelabuhan kepada Pelindo maka ke depannya peran Kemenhub dan Pelindo pun menjadi lebih jelas.


"Jadi kita akan upayakan pelabuhan seperti itu akan kita serahkan ke Pelindo. Supaya jelas, Kemenhub sebagai regulator dan Pelindo sebagai operator," tandasnya.(exe/ist)

0 Komentar