Jumat, 12 Agustus 2016 14:44 WIB

Pohon Tumbang di Jaksel, Listrik Lima Rumah Padam

Editor : Danang Fajar
Laporan: Gita Ginting

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Sebuah rumah bernomor E-8 yang berada di Jalan Kemang Dalam X, Jakarta Selatan, mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon besar.

Tak hanya rumah, kabel listrik yang berada disekitar lokasi juga ikut mengalami kerusakan hingga mengakibatkan aliran listrik sempat terputus.

Babinkamtibmas Kelurahan Bangka Aiptu Sunyoto mengatakan kejadian tersebut terjadi pada Kamis (11/8/2016) sekira pukul 21.25 WIB.

Saat itu, cuaca di sekitar Kemang sedang mengalami hujan yang disertai angin kencang dari sore hingga malam. Sehingga mengakibatkan sebuah pohon mengalami tumbang dan menimpa sebuah rumah serta kabel listrik.

"Untuk korban nihil, tapi aliran Listrik 5 rumah padam karena putus," ujar Sunyoto saat dikonfirmasi, Jumat (12/8/2016)

Mendengar adanya laporan dari warga mengenai pohon tumbang, Babinkamtibmas bersama Piket PPSU Kelurahan Bangka mendatangi lokasi kejadian.

Mereka langsung membersihkan pohon yang tumbang agar tidak mengganggu arus lalu lintas yang melintas di sekitar lokasi kejadian.

"Kita juga menghubungi PLN karena kabel yang mengalir di 5 rumah padam dan putus," tambah Sunyoto.

Sementara itu, Kasudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Selatan Muhammad Iqbal mengatakan untuk mencegah terjadinya kembali pohon tumbang yang dapat mengakibatkan kerugikan materi dan korban jiwa, pihaknya akan melakukan penopingan terhadap pohon yang berusia puluhan tahun.

Tak hanya itu, penopingan juga akan dilakukan terhadap pohon yang belum berusia puluhan tahun jika ada usulan dari warga dan pohon yang memiliki potensi rawan tumbang.

Pasalnya, terjadinya pohon tumbang tidak dapat diperediksi lantaran faktor cuaca seperti hujan dan angin yang kencang.

"Mengurangi beban pohon yang besar dan memprioritaskan pohon-pohon yang rawan tumbang untuk kita lakukan penindakan," ucap Muhammad.
0 Komentar